BERITA

Panen, Stok Beras di Sumut Aman Hingga 6 Bulan

Panen, Stok Beras di Sumut Aman Hingga 6 Bulan

KBR, Medan- Beberapa wilayah di Sumatera Utara saat ini tengah melakukan panen padi. Dengan demikian, sehingga stok  beras  aman untuk 6 bulan ke depan.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikulura Sumut, M Azhar Harahap mengatakan panen dilakukan setiap bulan sehingga pasokan stok beras aman di beberapa daerah.


"Tidak ada istilah panen raya. Kalo panen raya itu seluruh di Sumut panen. Adanya perbedaan panen antarkabupaten dan wilayah. Itu lah yang menguntungkan sehingga ada ketersediaan gabah di Sumut sepanjang tahun karena berbeda panennya," kata Azhar di Medan, Rabu (7/2).


Lanjut dia,   impor beras tidak berpengaruh karena wilayah di Sumut saat ini sedang mengalami surplus. 


"Impor beras tidak ada berpengaruh di Sumut, karena itu hanya untuk cadangan pangan pemerintah tidak untuk didrop ke pasar. Sumut ini surplus. Harga kita juga aman," jelas Azhar.


Saat ini adalah wilayah yang menghasilkan gabah di Sumut, seperti Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdangbedagai, dan Labuhanbatu Utara seluas 15 ribu hektare. 


Editor: Rony Sitanggang

  • panen
  • impor beras
  • M Azhar Harahap
  • padi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!