Golden Globes dan Academy Awards, Mana Yang Lebih Bergengsi?

Siapa yang mendapat uang lebih banyak? Pemenang Golden Globes atau pemenang Oscar?

RUANG PUBLIK | INTERMEZZO

Selasa, 08 Jan 2019 18:37 WIB

Author

Adi Ahdiat

Golden Globe atau Academy Awards Keren Mana

Ilustrasi: Golden Globe

Setiap tahunnya, ada dua acara yang sangat ditunggu-tunggu para pecinta film dunia: Golden Globes Awards dan Academy Awards.

Dalam ajang tersebut, berbagai rasa penasaran kita terjawab tuntas: film mana yang paling bagus tahun ini? Akting siapa yang paling mumpuni? Sutradara mana yang paling jagoan? Tak heran, ajang-ajang penghargaan itu pun selalu berhasil menyita perhatian masyarakat global.

Tapi, sebenarnya ajang mana yang paling bergengsi? Penghargaan mana yang lebih berharga bagi para pelaku industri film? Mari kita lihat seperti apa perbandingannya.

Kritikus Film VS Praktisi Film

Golden Globes dan Academy Awards diselenggarakan oleh dua Lembaga berbeda.

Yang pertama, Golden Globe Awards, digelar oleh sekitar 90 orang kritikus film dan wartawan yang tergabung dalam Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Penghargaan ini pertama diberikan pada tahun 1943 dan berlanjut hingga sekarang.

Sedangkan Academy Awards berusia lebih tua. Penghargaan ini sudah digelar sejak 1929, dan penghargaannya diberikan oleh ribuan praktisi film lintas generasi yang tergabung di Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS).


Voting Bebas VS Voting Terbatas

Golden Globes dan Academy Awards juga memiliki sistem penjurian yang berbeda.

Dalam Golden Globes, para nominasi dan pemenang ditentukan melalui mekanisme voting yang diikuti sekitar 90 anggota HFPA. Setiap kritikus dan wartawan yang tergabung di sana berhak menyumbang suara untuk setiap kategori penghargaan mulai dari kategori sutradari terbaik, akting terbaik, dan lain-lainnya.

Sementara dalam Academy Awards, proses penjuriannya agak sedikit berbeda. Dalam penentuan nominasi, para praktisi film yang tergabung di AMPAS juga melakukan voting. Hanya saja voting ini dibatasi sesuai profesi masing-masing.

Aktor dan aktris di AMPAS hanya boleh memberikan suara untuk kategori akting. Sutradara hanya boleh memilih untuk kategori sutradara, dan demikian seterusnya. Setelah semua nominasi terpilih, barulah seluruh anggota AMPAS yang berjumlah ribuan melakukan voting untuk para pemenang. Dengan begitu, suara yang dihitung pun jauh lebih banyak dari pada Golden Globes.


Mana Yang Lebih Bergengsi?

Mungkin agak sulit mencari tolok ukur objektif untuk pertanyaan ini. Karena pada nyatanya, pemenang Golden Globes dan Academy Awards pun seringkali sama.

Dalam sepuluh tahun terakhir ada sejumlah film yang sama-sama dipilih sebagai pemenang di kedua penghargaan tersebut, di antaranya adalah The Artist, Slumdog Millionaire, dan Moonlight. Artinya, selera para anggota HPFA dan AMPAS mungkin saja tidak terlalu berbeda jauh.

Namun, kalau kita mengukurnya dengan uang, Academy Awards jelas lebih bergengsi.

Menurut kabar yang dilansir Time.com para aktor dan aktris pemenang Piala Oscar bisa mendapat kenaikan salary yang sangat besar. Seorang aktor yang tadinya dibayar puluhan ribu dolar untuk satu film, ternyata bisa mendapat hingga $ 3.900.000 setelah ia memenangkan Academy Awards.

Sedangkan pemenang Golden Globes Awards, sejauh ini diketahui hanya mendapat bayaran hingga sekitar $ 2.100.000 setelah mereka mendapat penghargaan.


(Dari berbagai sumber)

 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Pemerintah Mesir Didesak Menginvestigasi Dugaan Pembunuhan dan Penyiksaan Oleh Aparat Keamanan

Perkembangan Kondisi Korban Bom Polrestabes Medan

Wacana Sertifikasi Wajib Bagi Calon Pengantin

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7