RAGAM

Makin Cakap Digital 2022: Tips Menggunakan E-Commerce untuk Promosi Usaha

"Makin Cakap Digital 2022 merupakan program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman."

Daryl Arshaq Isbani

Makin Cakap Digital 2022: Tips Menggunakan E-Commerce untuk Promosi Usaha
Makin Cakap Digital 2022: Tips Menggunakan E-Commerce untuk Promosi Usaha.

KBR, Jakarta - Situs layanan manajemen konten Hootsuite (We are Social) mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dimana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Ini dapat dikatakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 61,8% dari total populasi Indonesia.

Menurut survei literasi digital di Indonesia pada tahun 2021, indeks atau skor literasi digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

Sebagai respon dari perkembangan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan Program Indonesia Makin Cakap Digital.

Hal itu didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital dan Keamanan Digital. Melalui program ini 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

red
Sesi 2 dialog publik Makin Cakap Digital 2022: Tips Menggunakan E-Commerce untuk Promosi Usaha.

Program Indonesia Makin Cakap Digital sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Pada Kamis, 8 Desember 2022 Kementerian Kominfo RI bersama dengan Siber Kreasi menyelenggarakan dialog publik dalam program Makin Cakap Digital 2022. Program ini merupakan program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Rangkauian acara ini terbagi menjadi empat sesi. Sesi kedua digelar di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat yang dilakukan secara daring dengan mengangkat tema Tips Menggunakan E-Commerce untuk Promosi Usaha.

Pada dialog publik sesi kedua menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Patrick Jonathans selaku Founder Kitchen Groove Catering Online dengan materi terkait Budaya Digital, Heny Tri P., SE selaku VP - Head of Direct Sales & Retail, PT Indosat Tbk dengan materi terkait Kecakapan Digital, Ir. M Adhi Prasnowo, ST., MT., IPM., ASEAN Eng selaku Dosen & Praktisi dengan materi terkait Keamanan Digital.

Patrick Jonathans, memaparkan tentang Peluang Profesi Cuan di Ruang Digital. Ia mengungkapkan bahwa tentang kunci sukses kewiraushaan digital. “Pertama produk atau layanan yang sesuai dengan keahlian / hobby kita, selanjutnya pahami pelanggan potensial yang ada di circle, lalu Kualitas Produk / Layanan harus layak jual, kemudian Fokus dengan satu produk / layanan sebelum dikembangkan bertahap, lalu aktif promosikan produk + kumpulkan follower (Circle) kemudian rutin upload setiap aktifitas di sosmed, lalu buat sistem kerja yang sederhana, untuk jangka panjang, kemudian pelajari sistem pengelolaan keuangan, tidak lupa untuk kolaborasi, dan serius dan jangan berhenti sebelum berhasil, kalau gagal perbaiki.”

Heny Tri, memaparkan tentang Kiat Mengembangkan Bisnis via Sosial Media. Ia mengatakan bahwa “Transformasi Digital membuat cara baru dalam bisnis, dengan mengenal bisnis model di era digital diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan digital untuk peningkatkan/pengembangan bisnis kita, dan dengan mengenal perkembangan aktifitas Digital, kita dapat memanfaatkan untuk penyederhaan kerja sehingga memudahkan pencapaian target bisnis kita masing-masing.”

Adhi Prasnowo, memaparkan Memahami Fitur Lokapasar Untuk Meningkatkan Penjualan. Ia mengungkapkan tentang tips aman bermedia digital. “Pastikan keamanan dari gawai dan media digital yang kamu punya termasuk media sosial dan aplikasi perpesanan dengan menggunakan password yang kuat dan pastikan mengaktifkan 2FA (Two-Factor Authentication), jaga data pribadi kita tetap aman dan jangan bagikan dengan siapapun, termasuk di media sosial, selalu waspada akan tautan tak dikenal, jangan buka file atau tautan yang tidak dikenal yang dikirimkan lewat email, media sosial atau aplikasi chatting, jangan merespon panggilan telepon dan pesan yang ujungnya meminta data pribadi atau password/PIN”.

Acara ini diikuti secara gratis oleh berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Setiap peserta yang hadir pada acara ini diberikan E-Sertifikat dan bagi peserta yang beruntung mendapatkan beberapa hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Baca juga: Makin Cakap Digital 2022: Tangkal Radikalisme di Media Sosial - kbr.id

Editor: Paul M Nuh

  • nativead
  • literasi digital
  • SiberKreasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!