RAGAM

Makin Cakap Digital 2022: Tips dan Trik Cek Berita Palsu di Dunia Digital

"Makin Cakap Digital 2022 merupakan program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman."

Makin Cakap Digital 2022: Tips dan Trik Cek Berita Palsu di Dunia Digital
Makin Cakap Digital 2022: Tips dan Trik Cek Berita Palsu di Dunia Digital.

KBR, Jakarta - Situs layanan manajemen konten Hootsuite (We are Social) mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dimana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Ini dapat dikatakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 61,8% dari total populasi Indonesia.

Menurut survei literasi digital di Indonesia pada tahun 2021, indeks atau skor literasi digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

Sebagai respon dari perkembangan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan Program Indonesia Makin Cakap Digital.

Hal itu didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital dan Keamanan Digital. Melalui program ini 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Program Indonesia Makin Cakap Digital sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Pada Kamis, 8 Desember 2022 Kementerian Kominfo RI bersama dengan Siber Kreasi menyelenggarakan dialog publik dalam program Makin Cakap Digital 2022. Program ini merupakan program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Rangkauian acara ini terbagi menjadi empat sesi. Sesi keempat digelar di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat yang dilakukan secara daring dengan mengangkat tema Tips dan Trik Cek Berita Palsu di Dunia Digital.

Pada dialog publik sesi keempat menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Dr. Harliantara, M.Si selaku Dekan FIKOM UNITOMO dengan materi terkait Budaya Digital, Arief Rama Syarif selaku Founder Yayasan Komunitas Open Source dengan materi terkait Keamanan Digital, Sandra Sabellina, S.T selaku Content Management dengan materi terkait Kecakapan Digital.

red
Sesi 4 dialog publik Makin Cakap Digital 2022: Tips dan Trik Cek Berita Palsu di Dunia Digital.

Harliantara, memaparkan tentang Kebal Hoax, Ayo Jadi Netizen Kritis. Ia mengungkapkan “Salah satu menanggulangi HOAX dengan Revolusi Mental penggunaan Internet untuk memperbaiki karakter bangsa, Cara Mendeteksi HOAX dengan Berpikir sebelum menyebarkan berita, Hati-hati dengan ancaman pidana UU ITE Pasal 28 tentang Berita Bohong dan SARA”.

Arief Rama Syarif, memaparkan tentang Netizen Bijak di Sosial Media. Ia mengungkapkan kalau Media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital. Media digital ini bisa berupa website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain.

Sandra Sabellina, memaparkan tentang Menghidupi Persatuan Indonesia: Jangan Mudah Terprovokasi di Era Luapan Informasi!. Ia mengungkapkan bahwa “Kita dapat mencapai kecakapan digital jika kita tahu dan paham ragam dan perangkat lunak yang menyusun lanskap digital, Setiap kita diharapkan bisa mengoptimalkan penggunaan perangkat digital utamanya perangkat lunak sebagai fitur proteksi dari serangan siber, Kecakapan dalam mesin pencarian informasi ditandai dengan kemampuan mengetahui dan memahami cara mengakses macam-macam mesin pencarian informasi yang tersedia, Kita diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama”

Acara ini diikuti secara gratis oleh berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Setiap peserta yang hadir pada acara ini diberikan E-Sertifikat dan bagi peserta yang beruntung mendapatkan beberapa hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Baca juga: Makin Cakap Digital 2022: Etika Bebas Berpendapat di Dunia Digital - kbr.id

Editor: Paul M Nuh

  • nativead
  • literasi digital
  • SiberKreasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!