RAGAM

Makin Cakap Digital 2022: Tangkal Radikalisme di Media Sosial

"Makin Cakap Digital 2022 merupakan program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital."

Makin Cakap Digital 2022: Tangkal Radikalisme di Media Sosial
Makin Cakap Digital 2022: Tangkal Radikalisme di Media Sosial.

KBR, Jakarta - Situs layanan manajemen konten Hootsuite (We are Social) mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dimana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Menurut survei literasi digital di Indonesia pada tahun 2021, indeks atau skor literasi digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

Sebagai respon dari perkembangan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan Program Indonesia Makin Cakap Digital.

Hal itu didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital dan Keamanan Digital. Melalui program ini 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Program Indonesia Makin Cakap Digital sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Pada Kamis, 8 Desember 2022 Kementerian Kominfo RI bersama dengan Siber Kreasi menyelenggarakan dialog publik dalam program Makin Cakap Digital 2022. Program ini merupakan program literasi digital untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Rangkauian acara ini terbagi menjadi empat sesi. Sesi pertama digelar di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat yang dilakukan secara daring dengan mengangkat tema Tangkal Radikalisme di Media Sosial.

Pada dialog publik sesi pertama menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Winarsih, M.Pd selaku Pengajar dan Social Activation dengan materi terkait Etika Digital, Iwan Setiawan selaku Direktur Utama PT. Ruang Ide Komunikasi dengan materi terkait Budaya Digital, Gadisrafidha selaku Content Creator dengan materi terkait Keamanan Digital.

red
Sesi 1 dialog publik Makin Cakap Digital 2022: Tangkal Radikalisme di Media Sosial.

Winarsih, memaparkan tentang Rekam Jejak Digital. Ia mengatakan bahwa “Internet adalah anugerah, tetapi bisa menjadi bencana manakala teknologi “hanya bisa mengendalikan kita” manusia, tanpa jiwa-jiwa yang beretika. Etika hadir sebagai seorang bijak, yang mengingatkan kembali hakikat teknologi sebagai anugerah bagi manusia. Etika digital ditawarkan sebagai pedoman menggunakan berbagai platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas, dan menjunjung nilai-nilai kebajikan antar insan dalam menghadirkan diri, kemudian berinteraksi, berpartisipasi, bertransaksi, dan berkolaborasi dengan menggunakan media digital”

Iwan Setiawan, memaparkan Bekal Menghadapi Kejahatan Radikal di Dunia Maya. Ia mengungkapkan S.M.A.R.T dalam online, yaitu Safe, Materials, Accept, Reliable, dan Tell. “Safe, Jangan memberikan informasi pribadi (nama lengkap, alamat email, nomor telepon, alamat rumah, gambar, nama sekolah) kepada siapa pun yang belum ditemui saat/ketika di media online (pastikan kebenarannya terlebih dahulu cek/recek peruntukan), Tidak mengakses situs web atau materi yang tidak pantas. Hanya akses bahan pendidikan pada perangkat sekolah, Tidak menerima email, file, atau pesan dari orang yang tidak dikena, Tidak semua yang anda baca online itu adalah benar. Periksa informasi sebelum mempercayainya, Beri tahu orang tua, guru, atau orang dewasa terpercaya lainnya jika ada sesuatu membuat khawatir, atau tidak nyaman secara online”.

Gadis Rafidha, memaparkan tentang Yuk Jadi Netizen yang Kritis. Perhatikan Judul Informasi (Biasanya berita Hoax mengandung judul provokatif, menjebak dan bikin penasaran.) Lihat Sumber Berita (Bacalah berita dari sumber resmi bisa dr .go.id) Cek Foto atau Videonya (Gunakan fitur Google Images) Waspada dengan bentuk forward messages (grup WA ) Perhatikan Tanggal di artikelnya.

Acara ini diikuti secara gratis oleh berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Setiap peserta yang hadir pada acara ini diberikan E-Sertifikat dan bagi peserta yang beruntung mendapatkan beberapa hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.

Baca juga: Makin Cakap Digital 2022: Stop Penipuan di Intenet - kbr.id

Editor: Paul M Nuh

  • nativead
  • literasi digital
  • SiberKreasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!