Kerjasama KBR dengan ASOSIASI MEDIA SIBER INDONESIA (AMSI)

Indonesia Fact-checking Summit 2021 akan Bahas Isu Krusial Periksa Fakta

Konferensi ini akan berisi rangkaian diskusi terfokus (FGD), mini workshop, training. Puncak acara akan berlangsung 20 Desember 2021 dengan webinar Fact Checking Summit 2021.

RAGAM

Senin, 13 Des 2021 11:52 WIB

Author

Paul M Nuh

Indonesia Fact-checking Summit 2021 akan Bahas Isu Krusial Periksa Fakta

Indonesia Fact-checking Summit 2021

KBR, Jakarta - Jejaring Cek Fakta yang digawangi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) serta jaringan media Cekfakta.com akan menggelar Indonesia Fact-checking Summit 2021. Kegiatan yang diselenggarakan pertama kali di Indonesia ini akan berlangsung Kamis-Senin, 16-20 Desember 2021 secara daring (online).

“Paparan informasi palsu yang dibiarkan begitu saja bisa memengaruhi pola pikir masyarakat dan mengancam demokrasi. Jika dibiarkan masyarakat tak lagi mampu memilah informasi bohong dan fakta,” ujar Wenseslaus Manggut, Ketua AMSI, Minggu (12/12) di Jakarta. Atas dasar itulah Cekfakta.com dengan 22 media di Jakarta dan daerah mengambil inisiatif untuk melakukan kolaborasi, yang pertama kali diluncurkan awal Mei 2018.

Septiaji Eko Nugroho, Ketua Presidium Mafindo menambahkan, kolaborasi yang juga didukung jaringan periksa fakta Mafindo berupaya agar masyarakat tidak menanggung risiko besar karena mengambil keputusan berdasarkan informasi palsu.

Konferensi ini akan berisi rangkaian diskusi terfokus (FGD), mini workshop, training. Puncak acara akan berlangsung 20 Desember 2021 dengan webinar Fact Checking Summit 2021.

Mengutip pernyataan Sasmito, Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, yang mengambil contoh bahayanya informasi palsu saat pandemi Covid-19. Keselamatan publik menjadi taruhannya. Karena itu, Factchecking Summit 2021 menjadi ruang mengkampanyekan perlunya kolaborasi dalam memerangi hoaks dan pelabelan sembarangan pada karya jurnalistik.

Kegiatan yang didukung Google News Initiative ini merupakan bagian dari APAC Trusted Media Summit 2021, dan terbuka untuk diikuti pemeriksa fakta dari media, jurnalis, kampus, dan publik yang tergabung dalam AMSI, AJI, Mafindo serta komunitas dan kampus-kampus yang memiliki kepedulian menciptakan ekosistem informasi yang sehat bebas dari hoaks.

Pendaftaran FGD dan training silakan mengisi link https://bit.ly/PendaftaranFGDIndonesiaFactCheckingSummit2021. Link Google Meet akan dikirim oleh panitia pada Rabu, 15 Desember 2021. Sedangkan pendaftaran webinar silakan mengisi link bit.ly/DaftarWebinarFact-CheckingSummit2021 link otomatis akan dikirim ke email yang didaftarkan. Informasi lanjut tentang Indonesia Fact-checking Summit 2021 dapat diikuti di sosmed IG/ Facebook AMSI, AJI, Mafindo dan KBR atau menghubungi sarahervina@gmail.com.

Baca juga: IDC AMSI 2021 Angkat Tema Inovasi dalam Penguatan Ekonomi Digital

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7