Bagikan:

FOMO Sapiens: Ibadah Harus Pake Izin? Keadilan Harus Pake Viral?

Ibadah Harus Pake Izin? Keadilan Harus Pake Viral?

BERITA | RAGAM

Jumat, 24 Des 2021 18:56 WIB

Author

Sasnitha

FOMO Sapiens: Ibadah Harus Pake Izin? Keadilan Harus Pake Viral?

Ilustrasi highlight berita sepekan. (Foto : KBR)

KBR, Jakarta – Tagar #NoViralNoJustice jadi populer menyusul tagar-tagar sebelumnya yang sempat ramai di sosial media. Tagar-tagar itu muncul dan menyasar Polri sebagai bentuk kritik atas penanganan beberapa kasus yang belakangan ini jadi perhatian publik. Masyarakat menganggap, polisi baru akan menangani kasus secara serius setelah viral di sosial media. Seberapa benar anggapan itu?

Dalam rangka Hari Raya Natal, akan ada juga bahasan mengenai isu-isu hak beribadah, termasuk pendirian rumah ibadah. Di Indonesia, masih ada yang sulit mendirikan rumah ibadah dan menjalankan ibadahnya dengan tenang. Apa akar persoalannya?

Kabar-kabar di atas selengkapnya akan dibahas di FOMOSapiens pekan ini.

1. Tagar #NoViralNoJustice

Belakangan ini masyarakat lebih memilih memviralkan aduan atau perkara hukumnya dengan harapan agar lebih cepat ditangani kepolisian. Kinerja kepolisian yang resposif terhadap kasus-kasus viral tapi lambat jika masyarakat secara langsung melapor, menuai kritik. Beberapa tagar muncul di sosial media sebagai bentuk kritik atas kinerja kepolisian ini, semisal tagar #NoViralNoJustice. Apakah munculnya tagar-tagar ini bisa jadi indikator perlunya pembenahan internal kepolisian?

Baca juga : Setahun Kompolnas Terima Ribuan Aduan Kinerja Buruk Polri

2. Mengenai Izin Mendirikan Rumah Ibadah dan Beribadah

Momentum Natal ini, bisa jadi pengingat bahwa belum semua masyarakat terpenuhi haknya untuk beribadah, termasuk mendirikan rumah ibadah sesuasi dengan kepercayaan dan agamannya masing-masing. Sebagai contoh, Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin di Kota Bogor, Jawa Barat yang harus melewati proses panjang, belasan tahun untuk mendirikan gereja. Kalau itu hak dan dilindungi undang-undang, kenapa hal itu terjadi?

Baca juga : Dua Masalah Pengganggu Toleransi di Indonesia

Simak obrolan selengkapnya bersama Ian Hugen dan Malika juga dua host podcast HAMburger dari Human Right Working Group (HRWG), Jesse Adam dan Daniel Awigra di FOMO Sapiens pekan ini. Ada juga obrolan mengenai TKI yang terlantar di Bandara Soekarno-Hatta karena permasalahan sistem karantina.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending