FOMO Sapiens : Kurikulum Cinta Produk dalam Negeri dan PNS Bakal Diganti Robot?

Kurikulum cinta produk dalam negeri dan PNS diganti robot?

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Jumat, 03 Des 2021 13:45 WIB

FOMO Sapiens : Kurikulum Cinta Produk dalam Negeri dan PNS Bakal Diganti Robot?

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan masuknya pendidikan karakter Bangga Buatan Indonesia (BBI) ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Konon, usulan itu sudah disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. 

Sementara itu, pemerintah juga punya rencana buat mengganti PNS dengan robot. Wacana ini sudah sempat muncul pada tahun 2019 lalu. Terus bagaimana nasib PNS?

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Kurikulum Cinta Produk Dalam Negeri

Pasca rencana mengatur industri gim tanah air, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kembali mengutarakan usulan barunya. Dalam event Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Aroma Maluku : Belanja Cipta Nusantara yang digelar pekan ini, Luhut menyatakan keinginannya agar konsep BBI itu masuk dalam kurikulum pendidikan demi menumbuhkan karakter cinta produk dalam negeri. Perlukah? Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Kemendikbud dan Kemenag Susun Kurikulum Moderasi Beragama, Apa Itu?

2. PNS Bakal Digantikan Robot

Tengah pekan ini, warganet diramaikan dengan rencana mengganti Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan robot. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan saat ini pemerintah sedang melaksanakan tranformasi digital dalam pelayanan yang diberikan oleh dan manajeman ASN. Meski jumlah ASN di Indonesia terus menurun, namun dengan adanya transformasi penggunaan teknologi informasi (IT) dan digitalisasi pelayanan publik, maka diharapkan pelayanan publik dapat terus berjalan dengan baik. Bagaimana mekanismenya?

Dengarkan obrolan selengkapnya bersama Ian Hugen dan Aika Renata di FOMO Sapiens pekan ini. Jangan ketinggalan juga obrolan mengenai strategi penanggulangan varian baru Omicron di dalam negeri, serta peringatan hari AIDS sedunia.

Baca juga : Cegah Varian Omicron, Begini Aturan Perjalanan Internasional Berlaku Mulai Hari ini

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Membuat Minyak Goreng di Satu Harga