Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Vaksin dan Disiplin 3M untuk Menangkis Covid-19

perlu diingat, vaksinasi jauh lebih murah dibandingkan mengobati orang sakit

RAGAM

Selasa, 01 Des 2020 23:54 WIB

Author

Paul M Nuh

Vaksin dan Disiplin 3M untuk Menangkis Covid-19

dr. Ede Surya Darmawan, SKM., MDM (Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI)

Jakarta – Disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) adalah cara paling efektif untuk menghindari terpapar dari Covid-19. Para ahli juga menganjurkan tetap melaksanakan disiplin 3M dan gaya hidup sehat meskipun vaksin Covid-19 sudah ada, karena pada dasarnya gaya hidup sehat bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

Dr. Ede Surya Darmawan SKM., MDM, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), menyampaikan “Pada dasarnya menerapkan protokol kehidupan bersih dan sehat tidak perlu karena saat ada pandemi COVID-19, namun diterapkan juga setelah pandemi COVID-19. Kapanpun dimanapun kita harus menerapkan hidup bersih dan sehat, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Harapannya, kita semua bekerja sama untuk menyehatkan masyarakat”, ujarnya dalam Dialog Produktif bertema Hancurkan COVID-19 dengan Vaksin, Disiplin 3M dan Hidup Sehat, diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (1/12).

Pemerintah pun melakukan berbagai upaya pencegahan demi menghentikan penularan COVID-19 dan menekan kerugian ekonomi yang diakibatkannya, termasuk menghadirkan vaksin COVID-19. Vaksin sebagai upaya intervensi kesehatan masyarakat yang efektif sudah terbukti sejak lama. Sejak 1956 Indonesia sudah berhasil menghilangkan beberapa penyakit menular melalui program imunisasi, “Cacar sudah hilang dari Indonesia, kemudian difteri, karena itu mari kita laksanakan program untuk COVID-19 begitu vaksinnya diumumkan sudah aman dan manjur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mari kita sama-sama dukung supaya ini bisa kita lakukan, karena vaksinasi sudah terbukti sebagai sarana kesehatan untuk menghilangkan penyakit”, ujar Dr. Ede.

Dr. Ede mengingatkan untuk menjaga keamanan diri kita agar tidak tertular dengan protokol 3M. Dia juga mengajak kita untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh. Masyarakat diharapkan yakin bahwa vaksin ini dikembangkan oleh peneliti dan dokter. Dan perlu diingat, vaksinasi jauh lebih murah dibandingkan mengobati orang sakit.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Utang Negara Kian Meningkat

Kabar Baru Jam 7

Peran UMKM Pangan dalam Pemberdayaan Ekonomi Gambut

Kabar Baru Jam 8

Desakan Memberantas Intoleransi di Sekolah