Gubernur dan Wagub Jakarta Positif, Begini Kata Satgas Covid-19

"Satgas berharap diagnosis positif Covid pada pimpinan daerah, dapat menyadarkan masyarakat bahwa Covid berpotensi untuk menular kepada siapapun, siapa saja, tanpa memandang status"

NASIONAL | RAGAM

Selasa, 01 Des 2020 20:10 WIB

Author

Resky Novianto

Gubernur dan Wagub Jakarta Positif, Begini Kata Satgas Covid-19

Petugas semprot disinfektan setelah Gubernur dan Wagub Jakarta postif covid, Selasa (01/12). (Antara/Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta-  Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan  virus corona atau Covid-19 dapat menular kepada siapa saja dengan tidak terkecuali. Hal ini menyusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Wiku mengatakan ketidakpatuhan akan protokol kesehatan menjadi peluang terpapar oleh virus tersebut.

"Kebijakan pencegahan Covid19 di Ibukota tetap berjalan dan fokus kepada implementasi strategi 3M dan 3T. Satgas berharap diagnosis positif Covid pada pimpinan daerah, dapat menyadarkan masyarakat bahwa Covid berpotensi untuk menular kepada siapapun, siapa saja, tanpa memandang status atau latar belakang bahkan apapun pekerjannya. Maka dari itu satgas ingatkan agar masyarakat tertib protokol kesehatan dan jangan pergi ke lokasi yang ada kerumunan," ujar Wiku saat Konferensi Pers di Graha BNPB, Selasa (1/12/2020)

Wiku turut mengucapkan keprihatinan atas terpaparnya dua pemimpin di Ibu Kota. Ia menyebut, satgas terus menggalakkan upaya tracing dan testing di DKI, mengingat angka kasus positif di DKI terus naik dalam seminggu terakhir. Menurutnya, tracing dan testing sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penularan.

Wiku juga mengingatkan kepada masyarakat agar mampu menghindari terjadinya kontak dan penularan di antara keluarga atau tempat pekerja atau di manapun berada. Peningkatan kewaspadaan agar tidak terjadi peningkatan kasus yang tidak terkendali.

Sebelumnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria dinyatakan positif Covid-19. Riza dinyatakan positif usai menjalani tes swab pada Jumat (27/11/2020) lalu. Berdasarkan hasil penelusuran kontak oleh Dinas Kesehatan DKI, Riza Patria tertular dari staf pribadinya, yang sebelumnya juga tertular dari lingkungan keluarga.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Kabar Baru Jam 8

Strategi Pengusaha Hotel dan Resto Merespons PPKM