NUSANTARA

Maruf Amin: Bakso Bersertifikat MUI Bebas Daging Babi

"Lembaga Pengkajian Penelitian Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjamin bakso yang sudah memiliki sertifikat MUI bebas daging babi."

eli kamilah

Maruf Amin: Bakso Bersertifikat MUI Bebas Daging Babi
bakso, daging babi

Lembaga Pengkajian Penelitian Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjamin bakso yang sudah memiliki sertifikat MUI bebas daging babi.

Ketua harian MUI Maruf Amin mengatakan, pihaknya sudah melakukan tes sesuai prosedur dan tidak menemukan kandungan daging babi dalam bakso mereka. Hanya saja, kata Maruf, jumlah pemilik sertifikat MUI tak sebanding dengan bakso yang bebas dijual dipasaran.

"Bakso yang bersertifikat sendiri sedikit ya, hanya ratusan dari 50 ribu. Jadi memang sedikit ya, karena di pasar daging supply itu mungkin sekali tercampur. Yang produk bakso itu kan membeli di pasar, yang keempat itu kemudian penggilingan,” kata Maruf.

Sebelumnya, Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat menemukan daging bakso yang mengandung daging babi di beberapa pasar di Jakarta Barat. Hal serupa juga ditemui di kawasan Jakarta Selatan. Terkait hal itu, Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso Indonesia (Apmiso) mengungkapkan penemuan bakso babi di Jakarta berefek pada penurunan omzet para pedagang bakso hingga 50 persen.

  • bakso
  • daging babi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!