Bagikan:

ADVERTORIAL

Robot Terapan Hingga Lingkungan Ramaikan Kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Yogya

Madrasah sekarang sudah menjadi tempat belajar rujukan yang diminati. Madrasah sudah bisa menggelar kompetisi robotik, sebuah kompetisi bidang sains yang sangat membanggakan.

RAGAM

Kamis, 24 Nov 2022 14:30 WIB

Robot Terapan Hingga Lingkungan Ramaikan Kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Yogya

Staf Khusus Menag, Muhammad Nuruzzaman saat meresmikan Kompetisi Robotik Madrasah 2022.

KBR, Jakarta - Staff Khusus Menteri Agama Muhammad Nuruzzaman resmi membuka Kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Gedung Olah Raga Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa malam (22/11/2022) Pukul 22.00 WIB. Acara dihadiri 600 audiens di lingkungan kemenag dan madrasah.

Gelaran menampilkan 180 robot dari 180 madrasah se-Indonesia, mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, dengan total jumlah peserta mncapai 360 orang. Mereka akan bersaing memperebutkan uang pembinaan total Rp240 juta serta piagam, sertifikat dan peralatan robotik.

Kompetisi akan dibagi dalam tiga kategori yaitu robot inovasi, robot battle, dan robot mobile. Robot-robot itu juga terbagi dalam tiga sub tema, yaitu robot for school, robot for household, dan robot for environment. Setiap tim terdiri dari 2 siswa dan 1 guru pendamping/mentor.

Menurut Muhammad Nuruzzaman, madrasah sekarang sudah menjadi tempat belajar rujukan yang diminati. Madrasah sudah bisa menggelar kompetisi robotik, sebuah kompetisi bidang sains yang sangat membanggakan.

Kompetisi Robotik Madrasah pertama kali digelar tahun 2015 di Jakarta. Kemudian secara berturut-turut digelar tiap tahun di Jakarta (2016), Tangerang (2017), Depok (2018), Surabaya (2019), dan Jakarta (2020).

Tahun 2021, ketika Pandemi Covid-19 berada di level 3, pelaksanaan MRC dilakukan secara hybrid. Untuk yang offline diselenggarakan di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Tangerang, Banten.

Baca juga: Inilah 5 Negara yang Paling Banyak Membeli Robot - kbr.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio