covid-19

Kerjasama KBR dengan PALANG MERAH INDONESIA

PMI Komitmen Wujudkan Indonesia Bebas Polio Bersama IFRC dan USAID

PMI akan menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan akses masyarakat melalui program dan layanan imunisasi polio.

RAGAM

Selasa, 02 Nov 2021 16:20 WIB

Author

Paul M Nuh

PMI Komitmen Wujudkan Indonesia Bebas Polio Bersama IFRC dan USAID

PMI dengan dukungan USAID dan IFRC akan memastikan vaksinasi polio dapat melindungi anak Indonesia

KBR, Kupang - Palang Merah Indonesia (PMI) menegaskan dukungannya pada program pemerintah pada peluncuran program Kesiapsiagaan Folio di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/11).

PMI dengan didukung Federasi Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) akan menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan akses masyarakat melalui program dan layanan imunisasi polio.

Pelaksanaan akan difokuskan di darah berisiko tinggi dan memiliki cakupan rendah terhadap program imunisasi polio di 5 provinsi, yaitu Aceh, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat. Sebanyak 1.000 relawan Palang Merah di wilayah tersebut akan menerima pelatihan agar mampu mendukung Pemerintah Indonesia menggenjot program imunisasi polio.

Ketua Bidang Kesehatan & Sosial PMI Pusat, Fachmi Idris mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan PMI untuk mendukung Pemerintah Indonesia agar imunisasi dasar menjangkau seluruh anak, baik melalui Program Imunisasi Nasional, Campak Rubella, maupun program lainnya.

Menurut Jan Gelfand, Kepada Delegasi IFRC, Asia Tenggara telah resmi bebas dari folio sejak tujuh tahun yang lalu, tapi potensi penyakit ini selalu bermunculan. Tantangan pandemi yang masih berlanjut memerlukan upaya untuk melindungi setiap anak di Indonesia terhadap imunisasi dasar.

Ryan Washburn, Mission Director USAID Indonesia mengapresiasi Indonesia yang telah berhasil mengembangkan integrasi dan koordinasi antar lembaga untuk menyukseskan eradikasi polio. USAID mengungkapkan rasa senangnya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia serta organisasi lain yang sejenis untuk memberantas polio dan memastikan vaksin polio menjangkai setiap anak di Indonesia.

Baca juga: Ini Kunci Turunkan Stunting Menurut Menteri PPPA & Menkes

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Popsiklus, Pemain Lama Bisnis Daur Ulang yang Makin Relevan