covid-19

Kerjasama KBR dengan FEMFESTID 2021

Feminist Festival 2021: “Untuk Internet yang Lebih Feminis

Feminist Festival 2021 akan digelar pada 26-28 November, sekaligus dengan peluncuran chatbot Cari Layanan untuk mengakses lembaga layanan bagi korban kekerasan di manapun, kapanpun.

RAGAM

Kamis, 25 Nov 2021 10:00 WIB

Author

Paul M Nuh

Feminist Festival 2021: “Untuk Internet yang Lebih Feminis

Koferensi Pers Feminist Festival 2021

KBR, Jakarta - Jakarta Feminist kembali akan menggelar Feminist Festival 2021 pada 26-28 November 2021. Kali ini tema yang diangkat adalah “Untuk Internet yang Lebih Feminis”.

Feminist Festival diselenggarakan oleh Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta (Jakarta Feminist) dan pernah diadakan sebelumnya pada tahun 2017 dan 2019. Jakarta Feminist merupakan komunitas feminis muda-mudi lintas gender di Indonesia dan juga merupakan inisiator Women’s March Jakarta.

Feminist Festival 2021 didasar hasil survai yang melaporkan kekerasan berbasis gender yang mengalami kenaikan yang sangat signifikan saat pandemi, khususnya kekerasan berbasis online. Dan 48% korban kekerasan berbasis gender pernah mengalami kekerasan secara daring berupa ancaman dan tindakan penyebaran foto/video intim.

Feminist Festival 2021 menggandeng berbagai lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan ruang digital yang aman dan nyaman bagi perempuan dan kelompok marjinal.

Pada puncak acara yang akan berlangsung 26-28 November 2021, peserta diajak berpartisipasi secara gratis dalam diskusi, lokakarya, screening film, pertunjukkan seni. Dalam kesempatan ini juga akan diluncurkan Chatbot Cari Layanan yang melengkapi carilayanan.com sebagai sebuah layanan berbasis teknologi untuk membantu korban kekerasan berbasis gender mengakses lembaga layanan bantuan di manapun, kapanpun.

“Cari Layanan merupakan wujud komitmen Jakarta Feminist kepada korban-penyintas kekerasan berbasis gender, dengan memberikan kemudahan mengakses lembaga layanan bantuan di manapun, kapanpun. Dengan adanya website maupun chatbot, kemudahan akses bantuan ini diharapkan dapat menjadi awal misi kami untuk membasmi kekerasan berbasis gender di Indonesia,” kata Program Manager Jakarta Feminist, Noval Auliady.

Acara Feminist Festival 2021 terbuka untuk umum. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti diskusi, workshop, dan pertunjukan seni bisa langsung mendaftarkan diri di https://linktr.ee/Femfest2021 untuk mendapatkan link Zoom, atau menyaksikan melalui kanal YouTube Jakarta Feminist.

Baca juga: Feminist Festival 2019: Diskusi Feminisme dalam Konteks Lokal

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?