Perilaku Sehat di 3 Daerah ini Rendah, Satgas Covid-19 Kirim Duta Perubahan

"Ternyata kecenderungan menolaknya tinggi itu terutama di Yogyakarta, Papua, dan Jambi. Nah tiga daerah itu sekarang kami perkuat lagi."

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 20 Nov 2020 00:45 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Perilaku Sehat  di 3 Daerah ini Rendah, Satgas Covid-19 Kirim Duta Perubahan

Murid Madrasah Al Hidayah 2 mengikuti kampanye protokes 3M COVID-19 di kantor UPTD BLK Kabupaten Garut, Jabar, Selasa (3/11). (Antara/Candra Yanuarsyah)

KBR,Jakarta- Tingkat perilaku masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di Yogyakarta, Jambi, dan Papua, rendah. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan, masyarakat di tiga daerah itu masih kerap menolak ketika diedukasi soal perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19.

Kata dia, perilaku yang dimaksud yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Tapi mereka ini bisa menulari kan kalau ternyata mereka positif Covid-19. Jadi memang, kita sedang terus berupaya pada daerah-daerah yang ternyata kecenderungan menolaknya tinggi itu terutama di Yogyakarta, Papua, dan Jambi. Nah tiga daerah itu sekarang kami perkuat lagi. Jadi perkuat dengan duta perubahan perilakunya, sehingga masyarakat juga menjadi lebih patuh," kata Sonny dalam konferensi pers daring Satgas Covid-19, Kamis (19/11/2020).

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi menjelaskan, pemerintah telah menerjunkan 32 ribu duta perubahan perilaku di seluruh Indonesia. Secara umum, ia mengklaim respon masyarakat bagus terhadap edukasi tersebut.

Tingkat kepatuhan masyarakat untuk menggunakan masker dan jaga jarak sudah naik. Namun ia khawatir akan ada kondisi di mana masyarakat mulai merasa jenuh untuk menerapkan protokol kesehatan.

Hari ini, ada 7,8 juta orang yang mendapat edukasi perubahan perilaku. Dari 7,8 juta orang, hanya 50 ribu yang menolak diedukasi.


Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Dorong Penggunaan Medis, PBB Hapus Ganja dari Daftar Narkotika Paling Berbahaya

Liburan di Rumah Aja! #coronamasihada

Eps9. Bijak Energi

Menanti Nasib Ekspor Benur

Kabar Baru Jam 7