Pandemi Covid, Harapan Hidup Pasien di ICU Rendah

"Kita di Indonesia cukup bagus angka kesembuhan itu. Tetapi angka kematian kita juga masih tinggi."

RAGAM | NASIONAL

Kamis, 19 Nov 2020 23:37 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pandemi Covid, Harapan Hidup Pasien di ICU Rendah

Tenaga kesehatan di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Kamis (12/11). (Antara/Risyal Hidayat)

KBR,Jakarta- Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa angka kesembuhan pasien yang sudah masuk ke Intensive Care Unit (ICU) sangat rendah. Kasubbid Tracking Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto mengatakan, pasien Covid-19 yang masuk perawatan intensif di ICU, hanya memiliki peluang hidup 5 persen.

Kata dia, rata-rata mereka merupakan pasien usia lanjut dan memiliki penyakit penyerta.

"Bayangkan kalau dia sudah masuk sampai ke ICU, itu angka kehidupannya hanya 5 persen. Jadi untuk mereka yang masih awal, angka kesembuhannya memang tinggi, bisa sampai di atas 80 persen. Bahkan kita di Indonesia cukup bagus angka kesembuhan itu. Tetapi angka kematian kita juga masih tinggi. Nah, ini kita perkirakan bahwa mereka ketemunya sudah dalam kondisi yang jelek sekali," kata Kusmedi dalam konferensi pers daring Satgas Covid-19, Kamis (19/11/2020).

Kasubbid Tracking Satgas Covid-19 Kusmedi Priharto memperkirakan, masih ada sejumlah orang yang enggan melapor ketika pernah menjalin kontak dengan orang yang positif. Selain itu, masih ada pula orang yang tak mau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan saat mengalami gejala mirip Covid-19. Sehingga ketika gejalanya sudah fatal, kerap kali terlambat ditangani.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk peduli dan sadar diri atas kondisi kesehatannya. Jika tetap acuh, ia khawatir akan menularkan ke banyak orang dan menimbulkan klaster kasus Covid-19.

"Itu kejadian seperti itu sudah banyak sekali terjadi," ujarnya.

Hingga hari ini, terdapat penambahan kasus baru sebanyak 4.798. Sementara ada 4.265 pasien sembuh dan 97 meninggal.



Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste