Pandemi Covid-19, Presiden Jokowi Minta Satgas PEN Fokus Penyediaan Lapangan Kerja

"Yang paling dibutuhkan saat ini adalah meningkatkan konsumsi rumah tangga, dengan mendorong usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah dan besar harus didorong untuk mulai bergerak,”

NASIONAL | RAGAM

Senin, 23 Nov 2020 12:53 WIB

Author

Dwi Reinjani

Pandemi Covid-19, Presiden Jokowi Minta Satgas PEN Fokus Penyediaan Lapangan Kerja

Presiden Jokowi (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-     Presiden, Joko Widodo meminta Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), bisa mengutamakan bantuan-bantuan untuk pembukaan lapangan kerja. Menurutnya yang dibutuhkan saat ini oleh masyarakat adalah bantuan daya beli, sehingga memberikan lahan pekerjaan, bantuan untuk UMKM, akan mendorong daya beli masyarakat saat pandemi.

“Yang berkait dengan pemulihan ekonomi saya minta agar yang berkaitan dengan lapangan kerja itu menjadi perhatian. Berikan perhatian khusus untuk hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja. Dan yang paling dibutuhkan saat ini adalah meningkatkan konsumsi rumah tangga, dengan mendorong usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah dan besar harus didorong untuk mulai bergerak,” ujar Jokowi, dalam pembukaan rapat terbatas, Senin (23/11/2020).

Selain lapangan pekerjaan, Jokowi juga mendorong agar berbagai bantuan terus bisa digelontorkan untuk membantu perekonomian masyarakat saat ini, sebelum pandemi berakhir dan perekonomian bisa kembali normal.

“Saya melihat realisasi anggaran di beberapa program sudah berjalan dengan baik. Misalnya untuk subsidi gaji sudah mencapai 82 persen, banpres produktif untuk pemberian modal bantuan modal kerja kepada usaha mikro sudah mencapai 79 persen. Saya kira ini terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat.” Ujarnya.

Sebelumnya Indonesia mengalami 2 kali berturut-turut minus pertumbuhan ekonomi, yakni minus 5,32 di kuartal ll dan minus 3,49 di kuartal lll dan masuk dalam resesi. Oleh karena itu ia berharap perekonomian dapat sedikit lebih baik di kuartal ke lV ini.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Kabar Baru Jam 8

Strategi Pengusaha Hotel dan Resto Merespons PPKM