Pandemi, Kasus Aktif Mingguan Meningkat

"Di minggu ini terlihat perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional cenderung ke arah yang kurang baik dibandingkan dengan pekan sebelumnya."

NASIONAL | RAGAM

Selasa, 17 Nov 2020 18:08 WIB

Author

Resky Novianto

Pandemi, Kasus Aktif Mingguan Meningkat

Pemberangkatan pasien covid dari Puskesmas Duren Sawit, Jaktim ke wisma Atlet, Kemayoran, Jumat (13/11). (Antara/Fakhri Hermansyah)

KBR, Jakarta-  Kasus aktif mingguan Covid-19 di tanah Air menunjukkan tren peningkatan yang signifikan dibandingkan pekan lalu. Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan lonjakan kasus aktif Covid-19 pekan ini bahkan mencapai 17,8 persen.

Sebelumnya tren peningkatan kasus mingguan berada di kisaran 5 hingga 8 persen. Menurutnya, hal ini menunjukkan perkembangan buruk, lantaran kasus positif terus meningkat.

"Di minggu ini terlihat perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional cenderung ke arah yang kurang baik dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Pada level nasional, di pekan ini terjadi peningkatan kasus positif sebesar 17,8 persen. Peningkatan ini cukup signifikan dibanding biasanya, jika terjadi kenaikan kasus positif hanya di kisaran 5 sampai 8 persen saja selama ini, mohon ini menjadi perhatian kita bersama," ujar Wiku saat Konferens Pers Perkembangan Kasus Harian Covid-19 di medsos Setpres RI, Selasa (17/11/2020).

Pemerintah mencatat sebanyak 3.193 pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 hari ini (17/11). Total kasus sembuh di Indonesia sebanyak 398.636 yang tersebar di 32 provinsi.

Ada dua provinsi yang tidak terdapat tambahan kasus sembuh, yaitu Maluku Utara dan Papua. Di sisi lain, jumlah pasien sembuh terbanyak terdapat di DKI Jakarta dengan 874 kasus, Jawa Barat dengan 797 kasus, kemudian Jawa Tengah dengan 361 kasus sembuh.

Pada hari ini juga terdapat tambahan kasus sebanyak 3.807, sehingga total kasus positif Covid-19 menjadi 474.455 orang. Sementara itu pasien meninggal dunia bertambah 97 orang, sehingga total kumulatif kematian di Indonesia menjadi 15.393.

Editor:  Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste