Bagikan:

Pandemi, Hampir 500 Santri El Bayan Kabupaten Cilacap Sembuh dari Covid-19

“Dari sekian ratus itu, tidak ada yang terkena penyakit komorbid. Sehingga tidak ada pemberatnya."

BERITA | NUSANTARA | RAGAM

Minggu, 08 Nov 2020 17:14 WIB

Pandemi, Hampir 500 Santri El Bayan Kabupaten Cilacap  Sembuh dari Covid-19

Ponpes El Bayan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jateng. (Medsos El-Bayan)

KBR, Cilacap- Sebanyak 497 santri di Pondok Pesantren (Ponpes) El Bayan, Desa Padangsari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dinyatakan sembuh Covid-19. Kepastian ini diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi.

Pramesti mengatakan, dari ratusan santri yang terpapar Covid-19 itu, sebagian besar tak bergejala atau OTG. Mereka isolasi atau dirawat di fasilitas karantina khusus yang dipersiapkan Satgas Penanganan Covid-19 bersama pondok pesantren, yakni di MA El Bayan.

Adapun santri yang bergejala, sesuai dengan protokol kesehatan, dirawat di rumah sakit yang memiliki fasilitas yang memenuhi syarat, RSUD Majenang dan RSU Duta Mulya. Jumlahnya mencapai 16 santri. Ke-16 santri itu hanya bergejala ringan dan sedang, yakni kehilangan indra penciuman, demam, dan batuk.

Sesuai dengan panduan Kementerian Kesehatan, santri yang tak bergejala diisolasi selama 10 hari dan setelah selesai diperiksa dan dievaluasi oleh dokter penanggung jawab dan bisa dinyatakan sembuh.

“Dari sekian ratus itu, tidak ada yang terkena penyakit komorbid ya. Teman-teman mungkin tahu ya. Sehingga tidak ada pemberatnya. Alhamdulillah, sesuai dengan panduan dari Kementerian Kesehatan, untuk yang tidak bergejala, selama 10 hari dalam isolasi, setelah diperiksa oleh dokter yang bertanggung jawab,dalam waktu 10 hari selesai isolasi, dan dinyatakan sembuh,” kata Pramesti Griana Dewi.

Pramesti Griana Dewi mengungkapkan, total sebanyak 1.030 orang di lingkungan pesantren telah diswab. Mereka terdiri dari santri, pengasuh, keluarga pengasuh, asatidz dan keluarga asatidz. Dari swab ini, sebanyak 497 orang terkonfirmasi Covid-19. Namun kini, semua dinyatakan sembuh tanpa ada catatan gejala berat.


Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Memuja Idola Sampai Sebegitunya

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Most Popular / Trending