NUSANTARA

PVMBG: Letusan Gunung Merapi Aktivitas Vulkanik Biasa

"KBR68H, Bandung - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta saat ini tidak berbahaya. Sebab aktivitas vulkanik Merapi bersifat biasa."

Arie Nugraha

PVMBG: Letusan Gunung Merapi Aktivitas Vulkanik Biasa
merapi, yogyakarta, meletus

KBR68H, Bandung - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta saat ini tidak berbahaya. Sebab aktivitas vulkanik Merapi bersifat biasa.

Letusan freatik atau air tanah gunung setinggi 60 Kilometer itu bersifat sesaat tanpa mengeluarkan magma. Kepala PVMBG Hendrasto mengatakan pemicu letusan freatik Gunung Merapi tersebut akibat bertemunya udara panas dengan air bawah permukaan kawah sehingga mengeluarkan tekanan.

Hasilnya menyemburkan abu vulkanik dan air di sekitar gunung api.

"Misalnya keterkaitan gempa dengan letusan itu enggak langsung. Biasanya dia perlu waktu karena sifatnya nyambung, mengocok gitu," ujarnya di Kantor PVMBG, jalan Dipenogoro, Bandung (18/11).

Kepala PVMBG Hendrasto menambahkan sampai saat ini status Gunung Merapi masih diposisi Normal dengan radius yang tidak boleh didekati oleh 1 Kilometer oleh masyarakat. Tetapi sebaran abu vulkanik sampai ke daerah Timur mengenai Boyolali, Solo dan Sragen.


Editor: Suryawijayanti 

  • merapi
  • yogyakarta
  • meletus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!