BERITA

Bawaslu Akan Bentuk Relawan Pengawas Pemilu

"KBR68H, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana membentuk relawan pengawas pemilu di seluruh daerah di Indonesia."

Pipit Permatasari

Bawaslu Akan Bentuk Relawan Pengawas Pemilu
bawaslu, relawan, pengawas pemilu

KBR68H, Jakarta -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana membentuk relawan pengawas pemilu di seluruh daerah di Indonesia. Anggota Bawaslu Nasrullah mengatakan, mereka akan disebar di seluruh Kabupaten dan Kota, dengan jumlah mencapai satu juta orang. Ia berharap, relawan pengawas pemilu ini mampu membantu pengawasan yang dilakukan Bawaslu, terutama di daerah. Relawan pengawas pemilu ini juga bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran pelaksanaan pemilu 2014, mendatang.

"Minimal itu ada di masing-masing kabupaten/kota. Dengan posisi Bawaslu yang sangat terbatas jumlah personil, kerjasama ini lebih diperuntukan kepada perguruan tinggi dan sekolah-sekolah. Kerjasama ini diharapkan bisa membantu Bawaslu dalam pengawasan. Tetapi mereka tidak memiliki otoritas sama seperti Bawaslu, " ujar Nasrullah saat dihubungi KBR68H, Senin (04/11).

Anggota Bawaslu Nasrullah menambahkan, selain mengawasi proses pelaksanaan pemilu, gerakan ini diharapkan mampu menekan angka golput pada pemilihan umum 2014 mendatang. Karena, kata dia, fokus dari gerakan relawan pengawas ini juga untuk memberikan pemahaman pemilu pada pemilih pemula.

Editor: Doddy Rosadi

  • bawaslu
  • relawan
  • pengawas pemilu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!