RAGAM

Resmi Dibuka Presiden Jokowi, Trade Expo Indonesia 2022 Targetkan Transaksi USD 10 Miliar

"Pameran dilakukan secara hibrida, 19-23 Oktober 2022 digelar secara langsung dan secara daring/virtual dilakukan hinggal 19 Desember 2022."

Resmi Dibuka Presiden Jokowi, TEI 2022 Targetkan Transaksi USD 10 Miliar.
Meko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat meninjau pameran TEI 2022.

KBR, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka pameran internasional Trade Expo Indonesia ke-37, Rabu, 19 Oktober 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Pameran dilakukan secara hibrida, 19-23 Oktober 2022 digelar secara langsung dan secara daring/virtual dilakukan hinggal 19 Desember 2022.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan, "Saya mengucapkan selamat kepada Trade Expo Indonesia yang ke-37 ini. Semoga nanti apa yang tadi ditargetkan oleh Menteri Perdagangan, lebih dari USD 10 miliar betul-betul bisa kita capai dan kita harapkan itu akan mendorong surplus neraca perdagangan kita pada masa-masa mendatang."

Presiden Jokowi berpesan untuk tetap optimis dan waspada dalam menata ekonomi Indonesia ke depan. Di tengah ancaman resesi ekonomi tahun depan (2023), Indonesia masih bisa bersyukur karena pada kuartal II ekonomi Indonesia masih tumbuh 5,44 persen.

Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Perdagangan. TEI 2022 mengusung tema “Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery”. Dalam laporannya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, TEI 2022 menampilkan produk yang terbagi dalam tujuh zona kategori yaitu manufaktur, fesyen dan aksesoris, perawatan kesehatan dan kecantikan, peralatan kesehatan, dekorasi rumah dan furnitur, produk jasa digital, serta makanan dan minuman.

Mendag Zulkifli juga sangat mengapresiasi peran Kementerian Luar Negeri, Kadin Indonesia dan Kamar Dagang Negara yang telah berupaya maksimal menjaring pembeli mancanegara. TEI ke-37 menurut Mendag akan dirangkai dengan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 melalui kolaborasi dengan Kadin Indonesia dan asosiasi.

Kementerian Perdagangan juga kembali memberikan penghargaan Primaniyarta kepada 12 eksportir terpilih yang terus meningkatkan nilai ekspornya di masa pandemi serta menjadi pelopor pasar baru bagi Indonesia. Selain itu, penghargaan Primaduta juga diserahkan kepada 16 buyer yang loyal yang menjadi mitra eksportir Indonesia.

Dalam pelaksanaan TEI juga dilakukan penandatangan sejumlah komitmen misi pembelian (buying mission). “Pagi ini, sebelum pembukaan TEI 2022, sudah ada kontrak senilai USD 1,5 miliar. Oleh karena itu, kami dari Kementerian Perdagangan yakin selesai pameran ini mudah-mudahan kita bisa dapat kontrak dari hasil ekspor ini mudah-mudahan kita bisa mencapai USD 10 miliar,” tutup Mendag.

Baca juga: Buka Trade Expo Indonesia, Jokowi: Kuartal III Tumbuh di Atas 5 Persen - kbr.id

  • adv
  • TEI 2022
  • perdagangan
  • ekonomi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!