covid-19
ADVERTORIAL

Program Rutgers Indonesia, 2021-2025: “Speak the Unspoken”

Rutgers Indonesia menandai dirinya dengan pembaruan identitas dan ciri khas baru yang lebih tegas namun akrab dan hangat dengan menamakan diri menjadi RUANG TEMU GENERASI SEHAT INDONESIA.

RAGAM

Kamis, 28 Okt 2021 17:09 WIB

Program Rutgers Indonesia, 2021-2025: “Speak the Unspoken”

Tangkapan layar peluncuran program “Speak the Unspoken”

KBR, Jakarta - Keterbatasan akses terhadap informasi yang jelas dan akurat terhadap isu Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR) dan pencegahan Kekerasan Seksual Berbasis Gender dan Seksual (KBGS) membuat khawatir masyarakat, khususnya Remaja Indonesia. Salah pengertian dan misinterpretasi menyebabkan terjadinya perkawinan anak, hamil remaja, serta kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Indonesia.

Ruang Temu Generasi Sehat Indonesia (Rutgers Indonesia) yang telah berkontribusi di Indonesia sejak 1997 dalam mengembangkan dan mempromosikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksual (PKRS) yang inklusif dan komprehensif untuk berbagai rentang kategori usia dan kebutuhan, serta turut menggiatkan akses layanan seksual dan reproduksi yang ramah remaja.

Tema Speak the Unspoken mencoba mengangkat isu HKSR dan KGBS yang masih dianggap tabu di Indonesia. Stigma itu mencoba disingkirkan dengan melakukan berbagai program:

1. Generation Gender (Gen G), program pencegahan KBGS untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang inklusif dan bebas dari kekerasan serta mendukung pemuda laki-laki, perempuan, anak, dan kelompok rentan lainnya untuk mendapatkan hak keadilan gender tanpa kekerasan. Mitra Gen-G terdiri dari Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) dan LBK APIK Jakarta.

2. Right Here Right Now 2 (RHRN2), program advokasi bertujuan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang inklusif, berkeadilan gender, dan bebas dari kekerasan untuk dapat menikmati hak dan kesehatan seksual dan reproduksi mereka. Mitra RHRN 2 terdiri dari; Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP), Yayasan Pamflet, YiFOS, Sanggar Swara, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

3. Power to You(th) (PTY), sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan remaja perempuan dan perempuan muda yang kurang mendapatkan akses dan layanan khususnya di tingkat desa, untuk dilibatkan secara bermakna dalam pengambilan keputusan terkait pencegahan praktik berbahaya pada kesehatan reproduksi perempuan seperti perkawinan anak dan sunat perempuan, kekerasan berbasis gender dan seksual, serta kehamilan yang tidak diinginkan. Mitranya adalah 2030 Youth Force Indonesia, Yayasan Semak dan Yayasan Tanoker.

Menurut Amala, peluncuran sengaja dilakukan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021 untuk menguatkan program ini. Rutgers Indonesia juga menandai dirinya dengan pembaruan identitas dan ciri khas baru yang lebih tegas namun akrab dan hangat dengan menamakan diri menjadi RUANG TEMU GENERASI SEHAT INDONESIA, sebuah wadah perjumpaan ide, gagasan, pemikiran, dan inovasi untuk meneruskan perjuangan pembela keadilan hak asasi manusia dan keadilan gender untuk merebut hak-hak kesehatan reproduksi dan kesetaraan.

Baca juga: Kekerasan Berbasis Gender Online Lebih Mengancam Selama Pandemi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Sistem Dukungan dalam Pengambilan Keputusan

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7