covid-19
ADVERTORIAL

BUMN Beri Komitmen Wujudkan 25 Persen Kepemimpinan Perempuan di 2023

Di balik kampanye Girls Take Over ada komitmen yang kuat yang didukung langsung Menteri BUMN Erick Thohir terhadap target dan langkah strategis untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan.

RAGAM

Senin, 11 Okt 2021 20:07 WIB

BUMN Beri Komitmen Wujudkan 25% Kepemimpinan Perempuan di Tahun 2023

Erick Thohir, Menteri BUMN berfoto bersama finalis yang menggantikan perannya, Sharon Florencia.

KBR, Jakarta - Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada 11 Oktober setiap tahunnya, mengingatkaan akan pentingnya kesempatan dan kepemimpinan yang setara bagi anak perempuan, dan perempuan. Atas dasar itu, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Srikandi BUMN dan Forum Human Capital Indonesia mengangkat komitmen bersama untuk kepemimpinan perempuan serta suara perempuan muda finalis #GirlsTakeover 2021.

Menyisihkan lebih dari 7000 pendaftar dari seluruh Indonesia, enam perempuan muda mengambil peran beberapa posisi penting di sejumlah BUMN, bahkan ada yang menggantikan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Ada Adinda Zenniar (20 tahun, Jawa Tengah) yang mengambil peran Direktur Utama Bank Mandiri, Bapak Darmawan Junaidi selama sehari, berikutnya Indira Arum Puspitarani (23 tahun, Sulawesi Selatan), mengambil peran Direktur Utama Kimia Farma, Bapak Verdi Budidarmo, lalu Putri Gayatri (20 tahun, Jawa Barat) yang mengambil peran Direktur Utama Telkomsel, Bapak Hendri Mulya Syam, Sharon Florencia (24 tahun, Jawa Barat) mengambil peran Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir, Sisilia Tunga (22 tahun, Nusa Tenggara Timur), mengambil peran Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia, Bapak Sunarso, serta Virdha Yudha (23 tahun, Jawa Tengah) yang mengambil peran Direktur Utama Angkasa Pura I selama sehari.

Kampanye #GirlsTakeover sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk meningkatkan keterwakilan perempuan di jajaran BoC, BoD, dan BoD-1 BUMN, dengan target 15 persen pada 2021 dan mencapai 25 persen pada 2023. Juga peningkatan keterwakilan generasi muda di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN menjadi 5% pada 2021, dan 10% pada 2023.

Menurut Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, di balik kampanye Girls Take Over ada komitmen yang kuat yang didukung langsung Menteri BUMN Erick Thohir terhadap target dan langkah strategis untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan dan generasi muda. Selain mulia untuk dilakukan, juga strategis dan kunci untuk transformasi menyeluruh agar BUMN semakin profesional, akuntabel dan kompetitif.

Finalis #GirlsTakeover, Virdha, Putri, Adinda, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, Erick Thohir, Menteri BUMN, Sisilia, Indira, Sharon.

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia mengungkapkan, “Kita perlu mendobrak stereotipe gender dan tunjukkan bahwa perempuan bisa memimpin. Kami sangat senang dan berterimakasih atas kolaborasi dan dukungan Kementerian BUMN, Srikandi BUMN, FHCI beserta seluruh mitra BUMN yang telah mendukung kampanye #GirlsTakeover. Kami percaya upaya perwujudan kepemimpinan perempuan tidak berhenti dan akan berlanjut dengan program-program nyata.”

Pendapat senada diungkapkan Tina T. Kemala Intan, Ketua Umum Srikandi BUMN. Menurut Tina, kepemimpinan perempuan di dunia kerja tidak sekadar gender issue namun adalah business issue karena perannya memberi makna dan dorongan bagi peningkatan kinerja. Seiring dengan semakin meluasnya kesempatan di BUMN bagi perempuan untuk berkarir dan menjadi pemimpin, Srikandi BUMN terus mendorong terwujudnya gender equality melalui inisiatif women leadership dan women empowerment.

Alexandra Askandar, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), menyampaikan, “FHCI berkomitmen penuh mendukung arahan dari Menteri BUMN RI untuk melakukan transformasi human capital di BUMN dengan mendorong kepemimpinan perempuan dan kepemimpinan generasi muda melalui sayap organisasinya, Srikandi BUMN dan BUMN Muda.

Kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan diperlukan untuk mewujudkan kepemimpinan setara di Indonesia. Sektor usaha dituntut menciptakan kebijakan dan menciptakan berbagai program yang meningkatkan kemampuan perempuan untuk memimpin

Video rangkaian #GirlsTakeover tayang perdana pada 11 Oktober 2021 di YouTube Plan Indonesia, dan akan diikuti dengan web series produksi Perum PFN (Produksi Film Negara) yang akan ditayangkan di Youtube Srikandi BUMN dan Kementerian BUMN.

baca juga: Menkeu dan Plan Indonesia Berdialog dengan Ratusan Perempuan Muda untuk Pembangunan Setara

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?