RAGAM

Yakinkan Anak COVID-19 Pasti Berlalu

"Orang tua harus lebih kreatif untuk mensiasati kondisi ini dan lebih bersahabat dengan anak, jelas Sani. Yakinkan pada anak bahwa pandemi ini akan berakhir."

Yakinkan Anak COVID-19 Pasti Berlalu
Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan

Mengajari anak beradaptasi dengan kondisi lingkungan selama pandemi covid-19 memang sulit. Situasi yang sudah berlangsung sekitar 7 bulan ini membuat orang tua serba salah dan bingung.

Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan mengatakan anak-anak pasti stress dalam menghadapi situasi ini. Alasannya, menurut Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani ini, normalnya dunia anak-anak itu lebih banyak bermain dengan teman-teman sebayanya.

Dalam kondisi sekarang jelas tidak mungkin, pemerintah mengeluarkan aturan dalam bentuk protokol kesehatan yang meminta kita semua untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan artinya anak-anak tidak bisa bermain dan berkumpul, yang memang merupakan tahapan dari perkembangan anak.

"Semangati anak-anak dengan tetap menjaga komunikasi dengan temannya melalui virtual, dengan tukaran foto, atau tegur sapa," ujar Sani Budiantini Hermawan dalam talkshow berjudul "Covid dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini" di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Sabtu (24/10) pagi.

Menurut Sani, agar tahapan perkembangan anak tetap berjalan, orang tua perlu memberikan penjelasan yang dimengerti anak, dengan bahasa anak. Menjelaskan apa itu pandemi covid-19 dengan bahasa yang bisa dimengerti mereka.

Orang tua harus lebih kreatif untuk mensiasati kondisi ini dan lebih bersahabat dengan anak, jelas Sani. Yakinkan pada anak bahwa pandemi ini akan berakhir.

Sani mengibaratkan penanganan orangtua pada anaknya di masa pandemi ini ibarat melakukan pertolongan pertama dalam pesawat. "Yang pertama kali menggunakan oksigen itu ibunya dulu agar aman sebelum ke anaknya," ungkap Sani.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

  • nativead
  • #satgascovid19
  • #IngatPesanIbu
  • #pakaimasker
  • #jagajarak
  • #hindarikerumunan
  • #cucitanganpakaisabun
  • #KBRLawanCovid19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!