Pandemi, Balikpapan Kembangkan Aplikasi Kesehatan untuk Adaptasi Baru

"Untuk umum nanti bisa melihat seluruh sarana kesehatan yang ada di Kota Balikpapan termasuk bisa mendapatkan layanan swab PCR, rapid test,”

NUSANTARA | RAGAM

Selasa, 27 Okt 2020 13:31 WIB

Author

Teddy Rumengan

Pandemi, Balikpapan Kembangkan Aplikasi Kesehatan untuk Adaptasi Baru

KBR, Balikpapan-  Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mengembangkan aplikasi pelayanan kesehatan untuk mendukung kota sehat dalam era adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dalam aplikasi tersebut ada dua fitur yang bisa digunakan baik masyarakat maupun instansi terkait

Khusus fitur yang bisa diakses masyarakat terkait informasi seluruh fasilitas kesehatan, informasi layanan rapid test maupun swab PCR. Termasuk restauran, hotel mapun pelayanan yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan fitur yang hanya bisa diakses instansi terkait yakni sebagai sarana informasi bagi Camat dan Lurah yang bisa mengetahui pasien covid-19, DBD, TBC, HIV/Aids di wilayah masing-masing.

“Jadi aplikasi ini android fitur yang ada didalamnya ada dua. Satu untuk masyarakat umum, satu yang bersifat tertutup untuk mitra (instansi terkait). Untuk mitra menggunakan pasword khusus. Untuk umum nanti bisa melihat seluruh sarana kesehatan yang ada di Kota Balikpapan termasuk bisa mendapatkan layanan swab PCR, rapid test,” ujar Kadinkes Balikpapan Andi Sri Juliarty, Selasa (27/10)

Andi Sri menambahkan, dalam aplikasi tersebut juga ada petunjuk yang harus dilakukan lurah maupun camat. Khususnya langkah-langkah pencegahan di antaranya sosialisasi protokol kesehatan, fogging dan lainnya.

Setiap hari akan selalu di update perkembangan kasus penyakit, sarana kesehatan maupun fasilitas umum yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai masker,  Mencuci tangan, dan  Menjaga jarak.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Dorong Penggunaan Medis, PBB Hapus Ganja dari Daftar Narkotika Paling Berbahaya

Liburan di Rumah Aja! #coronamasihada

Eps9. Bijak Energi

Menanti Nasib Ekspor Benur

Kabar Baru Jam 7