Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Jangan Takut Memulai Bisnis Kuliner di Saat Pandemi

"Ditolak itu sebuah keniscayaan, sebuah kepastian. Jangan malu, jangan kecil hati. Ditolak di sini, aku tawarin di sana. Ditolak di sana, aku nawarin di sini lagi." ujar Nina.

RAGAM

Minggu, 25 Okt 2020 22:30 WIB

Author

Paul M Nuh

Jangan Takut Memulai Bisnis Kuliner di Saat Pandemi

Ilustrasi. (ANTARA FOTO: Aloysius Jarot)

JAKARTA – Membuka bisnis baru di tengah pandemi punya tantangan tersendiri. Bisnis kuliner salah satunya. Betapa tidak, banyak restoran dan rumah makan sepi pengunjung saat pandemi. Butuh keberanian untuk memulai. Begitu yang dikatakan Nina Susilowati, Founder Komunitas Langsungenak. Sosok yang sudah terjun lama dalam bisnis kuliner.

"Jangan Takut!", seruan itulah yang beberapa kali ditegaskan oleh Nina Susilowati, saat mengisi Webinar “Adaptasi Bisnis Kuliner dengan Kebiasaan Baru” yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (19/10/2020).

"Memang butuh yang namanya keberanian ya untuk memulai. Kebanyakan rencana biasanya hanya akan berhenti pada wacana. Tapi kalau, oke, hari ini gua mau jualan dawet, kasi ke kanan kiri. Sudah enak oke, gua terima pesanan ya,” tambahnya.

Nina menilai banyak orang terlalu takut untuk memasarkan dagangan mereka. Menurutnya penolakan adalah hal biasa yang harus dihadapi dalam memulai usaha.

"Ditolak itu sebuah keniscayaan, sebuah kepastian. Jangan malu, jangan kecil hati. Ditolak di sini, aku tawarin di sana. Ditolak di sana, aku nawarin di sini lagi." ujar Nina.

Ia pun mendorong masyarakat yang ingin memulai usaha, untuk segera merealisasikannya dan jangan takut untuk memulai. Baginya, masalah pasti akan selalu muncul baik saat pandemi maupun tidak. "Stop complaining, lebih baik segera dipikirkan solusinya apa. Berprioritas lah pada solusi, jangan kepada masalah." serunya.

Kreativitas dan inovasi menjadi hal yang sangat penting untuk memulai bisnis di tengah pandemi. Di antaranya dengan memanfaatkan gadget dan aplikasi digital, dunia yang sudah sangat erat dengan konsumen saat ini.

Pemerintah sendiri sangat mendukung masyarakat yang ingin memulai usaha kecil dan menengah di tengah pandemi. Salah satunya dengan membuat Program Bantuan Presiden melalui Kementerian dan Koperasi.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste