RAGAM

Di Tengah Pandemi, Pemerintah Hasilkan Inovasi di bidang Alat Kesehatan

"Konsorsium yang melibatkan perguruan tinggi, lembaga penelitian, swasta, serta BUMN saat ini telah membuat alat Rapid Diagnostic Test, Polymerase Chain Reaction (PCR) Test Kit, dan Ventilator"

Di Tengah Pandemi, Pemerintah Hasilkan Inovasi di bidang Alat Kesehatan
Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Bambang Brodjonegoro

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/ BRIN) membentuk konsorsium riset inovasi. Konsorsium yang melibatkan perguruan tinggi, lembaga penelitian, swasta, serta BUMN saat ini telah membuat alat Rapid Diagnostic Test, Polymerase Chain Reaction (PCR) Test Kit, dan Ventilator. Juga tentunya Vaksin Merah Putih yang sangat ditunggu keberhasilannya.

“Rapid test atau tes cepat berbasis antibodi produksinya sudah mencapai 350 ribu unit per bulan. Diperkirakan dalam beberapa bulan mendatang jumlahnya bertambah mencapai satu juta unit per bulan,” kata Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Bambang Brodjonegoro dalam Konferensi Pers yang diadakan di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa, (20/10).

Salah satu alat yang dihasilkan diberi nama GeNose. Alat hasil inovasi UGM ini menurut Menristek digunakan untuk tes cepat deteksi Covid-19. Cara kerjanya dengan menggunakan hembusan nafas, dan tingkat akurasinya mencapai 97 persen. Dibanding PCR yang digunakan sekarang alat ini relatif lebih murah. Untuk Rapid test berbasis antigen atau rapid swab test dengan teknologi RT Lamp yang dikembangkan oleh LIPI diupayakan selesai pada akhir 2020.

Produk inovasi lain yang sukses diproduksi yaitu PCR test kit hasil kerja sama dengan PT Bio Farma, yang produksinya sudah mencapai satu setengah juta unit per bulan. Ada juga produk inovasi Mobile lab BSL 2. Sekarang sedang dimodifikasi lagi supaya tidak hanya berbentuk kontainer.

Produk ini membantu meningkatkan jumlah testing di berbagai daerah yang mengalami lonjakan kasus. Beberapa rumah sakit sudah memakainya. Sedangkan ventilator sudah diproduksi oleh industri, dipakai di berbagai rumah sakit di Indonesia, dan mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

  • nativead
  • #satgascovid19
  • #IngatPesanIbu
  • #pakaimasker
  • #jagajarak
  • #hindarikerumunan
  • #cucitanganpakaisabun
  • #KBRLawanCovid19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!