Positif Covid, Walkot Balikpapan Sesalkan Ketua KPU Beraktifitas Saat Tunggu Hasil Swab

"Selama menunggu hasil swab tidak melakukan kegiatan-kegiatan karena itu riskan kalau nanti hasil swabnya positif. Saya dengar dia beraktifitas menyiapkan debat itu harusnya tidak dilakukan,”

NUSANTARA | RAGAM

Senin, 26 Okt 2020 11:28 WIB

Author

Teddy Rumengan

 Positif Covid, Walkot Balikpapan Sesalkan Ketua KPU Beraktifitas Saat Tunggu Hasil Swab

Tangkapan layar KPU Balikpapan mengumumkan menunda debat publik Pilkada, Sabtu (24/10).

KBR, Balikpapan-  Ketua Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, penundaan debat pilkada hingga batas waktu yang tak ditentukan merupakan mutlak keputusan KPU setempat. Dia mengatakan, Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 hanya memberikan rekomendasi, setelah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha dinyatakan positif terinveksi covid-19 dua jam sebelum debat dimulai pada Sabtu (24/10) lalu.

Rizal menyayangkan, Ketua KPU Kota Balikpapan yang masih melakukan aktifitas meski tengah menunggu hasil swab. Noor Toha diketahui mengunjungi lokasi tempat debat pada Sabtu petang, sesaat sebelum dikabari hasil tesnya positif.

Kata dia, tindakan Ketua KPU Kota Balikpapan membahayakan orang lain. Karena seharusnya melakukan isolasi mandiri ketika usai melakukan swab atau merasa ada gejala dan tidak melakukan aktifitas.

“Hari ini mereka swab test, ya itu keputusan KPU harus menunda, dia yang memutuskan. Cuma nanti kita akan ingatkan kepada semua pihak tidak saja KPU, kalau ada gejala ada indikasi kemudian swab selama menunggu hasil swab tidak melakukan kegiatan-kegiatan karena itu riskan kalau nanti hasil swabnya positif. Saya dengar dia beraktifitas menyiapkan debat itu harusnya tidak dilakukan,” ujar Rizal Effendi, Senin (26/10)

Sementara setelah Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha dinyatakan positif, puluhan atau seluruh pegawai langsung menjalani swab, Senin (26/10) pagi. Satgas akan memanggil Sekretaris KPU Kota Balikpapan terkait penerapan protokol kesehatan.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan  3M, yakni;  Memakai masker,  Mencuci tangan, dan  Menjaga jarak.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Dorong Penggunaan Medis, PBB Hapus Ganja dari Daftar Narkotika Paling Berbahaya

Liburan di Rumah Aja! #coronamasihada

Eps9. Bijak Energi

Menanti Nasib Ekspor Benur

Kabar Baru Jam 7