BERITA

Usia Harapan Hidup Negara di Dunia Diprediksi Meningkat, Termasuk Indonesia

"Sebaliknya, ada juga negara yang mengalami peningkatan peringkat. Indonesia termasuk dalam kategori ini. Saat ini Indonesia berada di peringkat 117, akan meningkat menjadi ke-100 pada 2040."

Usia Harapan Hidup Negara di Dunia Diprediksi Meningkat, Termasuk Indonesia
Ilustrasi. (Foto: mamoholiczka.pl)

KBR - Penelitian terbaru menunjukan, usia harapan hidup di banyak negara pada 2040 diperkirakan meningkat. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis internasional The Lancet mengkaji usia harapan hidup masa depan di 195 negara di seluruh dunia.

Saat ini, Jepang menempati peringkat pertama dengan usia harapan hidup rata-rata 82,9 tahun. Pada 2040, usia harapan hidup Jepang meningkat menjadi 85,7 tahun. Tapi, Jepang diproyeksikan turun ke peringkat kedua lantaran peringkat pertama bakal digantikan oleh Spanyol--dengan usia harapan hidup rata-rata 85,8 tahun.

Dilansir dari Medical Express, dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia yakni Amerika Serikat dan Cina, pada 2040 bertukar posisi. Kelak, usia harapan hidup AS pada tahun itu adalah 79,8 tahun, peringkatnya turun dari 43 ke 64. Sedangkan Cina naik dari 68 ke peringkat 39, dengan rata-rata usia harapan hidup 81,9 tahun.

Para peneliti juga menemukan beberapa negara mengalami penurunan peringkat. Di antaranya Kanada (17 ke 27), Norwegia (12 ke 20), Australia (5 ke 10), Meksiko (69 ke 87), Taiwan (35 ke 42) dan Korea Utara (125 ke 153).

Sebaliknya, ada juga negara yang naik peringkat. Indonesia termasuk dalam kategori ini. Kini Indonesia berada di peringkat 117 dan diprediksi meningkat menjadi ke-100 pada 2040.

Selain Indonesia, ada pula Nigeria (157 ke 123), Portugal (23 ke 5), Polandia (ke-48 hingga 34), Turki (40 ke 26), dan Arab Saudi (61 ke 43).

Peneliti juga menyatakan, jika perang di Suriah berakhir, maka usia harapan hidup negara itu akan meningkat menjadi ke-80 dari posisi 137. Sementara untuk dunia secara keseluruhan, para peneliti memproyeksikan usia harapan hidup global meningkat lima persen, yaitu dari 73,8 tahun pada 2016 menjadi 77,7 pada 2040.

Studi ini juga melihat beberapa kondisi yang memperpendek kehidupan. Peneliti memperkirakan terjadi peningkatan signifikan pada kematian akibat penyakit tidak menular termasuk diantaranya diabetes, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), ginjal kronis, kanker paru-paru, dan obesitas.

Para peneliti mengatakan terdapat lima faktor kesehatan teratas yang menyebabkan kematian dini pada masa depan, yaitu tekanan darah tinggi, indeks massa tubuh tinggi, gula darah tinggi, penggunaan tembakau, dan penggunaan alkohol.

Faktor keenam adalah polusi udara, di mana para ilmuwan memperkirakan sekitar satu juta jiwa di Cina akan terbunuh setiap tahunnya. Secara umum, penyakit tidak menular akan menggeser penyebab-penyebab utama kematian dini, seperti cidera.

Negara-negara termiskin di dunia pada 2018 tidak mengalami perbaikan. Penelitian ini memperkirakan 30 negara di Sub-Sahara Afrika ataupun negara kepualauan kecil di Pasifik--kecuali Afghanistan--terproyeksi punya usia harapan hidup antara 57 dan 69 tahun. Lesotho, Republik Afrika Tengah, Zimbabwe, Somalia, dan Swaziland berada di peringkat paling bawah.

"Di sejumlah besar negara, terlalu banyak orang akan terus mendapatkan penghasilan yang relatif rendah, tetap berpendidikan rendah, dan mati sebelum waktunya. Tetapi negara-negara dapat membuat kemajuan lebih cepat dengan membantu orang mengatasi risiko utama, terutama merokok dan pola makan yang buruk," kata Direktur Ilmu Data di Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan (IHME) di Universitas Washington, Christopher Murray.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, konsumsi tembakau membunuh sekitar tujuh juta jiwa setiap tahunnya. Dilansir dari CBS News, berikut 10 negara teratas dengan harapan hidup rata-rata tertinggi yang diperkirakan untuk tahun 2040:

1. Spanyol - 85,8 tahun

2. Jepang - 85,7 tahun

3. Singapura - 85,4 tahun

4. Swiss - 85,2 tahun

5. Portugal - 84,5 tahun

6. Italia - 84,5 tahun

7. Israel - 84,4 tahun

8. Prancis - 84,3 tahun

9. Luksemburg - 84,1 tahun

10. Australia - 84,1 tahun 

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
  • usia harapan hidup
  • riset
  • harapan hidup
  • negara dunia
  • dunia
  • bahagia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!