HEADLINE

Suplai Listrik Pascagempa-Tsunami Sulteng, PLN Andalkan Genset

Suplai Listrik Pascagempa-Tsunami Sulteng, PLN Andalkan Genset

KBR, Jakarta - PT PLN untuk sementara ini bakal mengandalkan mesin Generator Set atau Genset untuk menyuplai aliran listrik di daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Di antaranya di Palu dan Donggala.

Ini karena menurut Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty, perbaikan gardu induk diperkirakan memakan waktu lama. Ia menjelaskan hampir seluruh gardu listrik PLN di daerah itu rusak akibat gempa berkekuatan 7,4 skala richter pekan lalu.

Dari total tujuh gardu induk, lima di antaranya rusak.

"Ini PLN mengalami kerusakan itu instalasi, kalau kita bandingkan dari kasus Aceh, Lombok, ini yang paling fatal. Karena gardu induk kami lima kena dari tujuh. Nah ini sangat fatal," jelas Syofvi Felienty Roekman di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

"Di Lombok nggak separah itu. Di Lombok gardu induknya aman jadi cepat recovery-nya. Nah kalau itu gardu induknya yang kena butuh waktu lama," katanya lagi.

Itu sebab untuk mengatasi kekurangan pasokan listrik maka PLN pun mengirimkan 70 genset hingga Selasa (2/10/2018) dari target total 90 buah. Sementara sisa 20 genset menurut Syofvi bakal segera dikirim menyusul. Hanya saja, ia tak merinci besaran voltase masing-masing unit.

Sembari menunggu perbaikan gardu induk, penggunaan genset difokuskan untuk aliran listrik di tempat-tempat penting seperti Rumah Sakit, Base Transceiver Station (BTS), SPBU, dan pengadaan air minum.

"Kami sekarang lagi fokus menyelamatkan, mencari yang selamat. Sekarang kita instalasinya ini kan dulu, jadi mana-mana kita tempat-tempat tertentu yang harus, rumah sakit, terus BTS, SPBU, air minum. Nah itu kami harus pasangkan genset dulu. Sementara pakai genset."

Selain penggunaan genset, PLN juga akan mendistribusikan aliran listrik dari Poso melalui Interbus Transformer (IBT) 150 kilovolt. Namun upaya ini untuk sementara masih tahap pengecekan. Jika nantinya ternyata berisiko maka PLN bakal mengirim IBT dari Jakarta.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/terkini/10-2018/kemenkominfo_sediakan_10_lokasi_wifi_gratis_di_palu_dan_donggala/97518.html">Kemenkominfo Sediakan 10 Lokasi WiFi Gratis di Palu dan Donggala</a></b></li>
    <li><a href="http://kbr.id/nasional/10-2018/daerah_ini_terdampak_parah_gempa_dan_tsunami_sulteng_tapi_belum_bisa_dijangkau/97521.html"><b>Daerah Ini Terdampak Parah Gempa dan Tsunami Sulteng tapi Belum Bisa Dijangkau</b></a>&nbsp;<br>
    





Editor: Nurika Manan

  • Genset
  • Listrik
  • gempa dan tsunami Palu
  • tsunami Sulawesi Tengah
  • tsunami
  • PLN

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!