BERITA

Gempa Berkekuatan 5,3 SR Kembali Landa Hokkaido, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Berkekuatan 5,3 SR Kembali Landa Hokkaido, Tidak Berpotensi Tsunami

KBR - Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang pulau utama Hokkaido, Jepang, Jumat (5/10/2018) pagi waktu setempat. Menurut keterangan penyiar di NHK, gempa ini termasuk dalam skala 5 dari 1- 7, dengan 7 sebagai yang terkuat.

Hal ini memungkinkan akan menyebabkan kerusakan pada bangunan yang tidak stabil atau tidak layak. Namun dilansir dari Channel News Asia, gempa tidak berpotensi tsunami.

Dikutip dari Express, Badan Meteorologi Jepang mengatakan, daerah yang terkena dampak paling parah di pulau Hokkaido adalah Ibui-chiho Chutobu dan Hidaka-chiho Seibu.

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa tersebut memiliki kedalaman 42 kilometer dan berpusat di pantai selatan Hokkaido.

Meskipun gempa terjadi, kementrian transportasi Jepang mengatakan, Bandara New Chitose di dekat Sapporo beroperasi secara normal, NHK melaporkan.

Sementara Express memberitakan, tidak ada indikasi kerusakan pada pembangkit listrik tenaga nuklir atau batubara di pulau itu.

Sebelumnya, pada 6 September lalu, gempa berkekuatan 6,7 SR juga melanda Hokkaido. Dikutip dari Japan Today, gempa saat itu memicu tanah longsor, menewaskan lusinan orang, dan memaksa ribuan orang untuk mengungsi.



Editor: Nurika Manan

 

  • gempa
  • Jepang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!