covid-19

Kerjasama KBR dengan BEM UI 2021

Career Talk UI 2021: Tips Interview Kerja yang Baik hingga Menjalin Networking

Sebagai individu harus berani keluar dan membuat "pembatas" dengan orang-rang toxic. Jangan jadikan diri sebagai people pleaser. Jadilah seorang yang adaptif dan selektif dalam melangkah.

RAGAM

Jumat, 24 Sep 2021 17:00 WIB

Author

Paul M Nuh

Career Talk UI 2021: Tips Interview Kerja yang Baik hingga Menjalin Networking

Tangkapan layar Webinar Career Talk UI 2021: Tips Interview Kerja yang Baik, hingga Dapat Menjalin Networking yang diselenggarakan oleh Career Talk UI 2021.

KBR, Jakarta - Career Talk UI 2021 usai mengadakan 2 sesi webinar pada Sabtu, 18 September 2021 bertajuk “Interview: Get to Know Me” pada sesi ke-9 dan “Networking 101” pada sesi ke-10. Webinar sesi ke-19 berisi kiat-kiat sukses dalam menjalani sebuah interview.

Vina Muliana, Executive Assistan to CEO for Mind ID dan Education Content Creator di platform Tiktok, mengawali pemaparan materi bertemakan “Ace your Interview” dengan headline, yaitu Interview at Glance, Getting Ready, Getting down to Business, dan Concluding Gracefully. Menurut Vina interview itu ada empat jenis, phone interview, online form screening, job fair interview, dan one on one interview, baik online maupun offline. Interview bertujuan untuk menggali personality, pertanyaannya ada yang bersifat behaviour question atau hyphotetical question.

Lebih lanjut Vina menyampaikan tentang pentingnya mengenal diri dan tujuanmu. Persiapkan diri, gambarkan situasi dengan baik, jelaskan tugas yang dikerjakan, dan aksi apa yang kamu lakukan dalam melakukan tugas tersebut. Setelah itu bagaimana hasilnya. Terakhir sampaikan dengan sopan, santun dan anggun (Concluding Gracefully).

Jehian Panangian Sijabat, CEO of Menantea dan Agata Paskarista, Career and Self Development Counsellir & Brand Ambassador TopKarir Indonesia membawakan materi berikutnya seputar cara membangun relasi yang baik serta dampaknya dalam berkarier.

Menurut Jehian, concern communication merupakan kunci dalam menjaga hubungan. Dalam menjaga hubungan yang baik perlu komunikasi yang efektif, sopan, tidak mengulang-ulang, kontrol diri, jujur, tidak bertele-tele, dan komplit (5W+1H). Pembicara lainnya, Agata menyoroti tentang kesalahan seseorang dalam membangun network hanya ketika mereka butuh. Kesalahan berikutnya lupa menjaga personal branding. Lalu lupa mencatat pembicaraan sehingga terkesan kurang memperhatikan.

Dalam closing statement, baik Jehian maupun Agata menyatakan sebagai individu harus berani keluar dan membuat "pembatas" dengan orang-rang toxic. Jangan jadikan diri sebagai people pleaser. Jadilah seorang yang adaptif dan selektif dalam melangkah.

Artikel terkait: Webinar Career Talk UI 2021: Beradaptasi dengan Ekosistem Digital pada Era Society 5.0

Informasi lebih lanjut Webinar Career Talk UI 2021 bisa dilihat di Instagram @careertalk.ui . See you in our next webinar, Career Seekers!

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

DE-SI (Depresi to Prestasi)

War On Drugs

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10