covid-19

Kerjasama KBR dengan INSTITUT KOMUNIKASI DAN BISNIS LSPR

Webinar series Mitigasi dan Tanggap Bencana: LSPR Ajak Masyarakat Selalu Waspada

LSPR Peduli adalah rangkaian upaya sistematis untuk menganalisis risiko-risiko dampak bencana atau krisis terhadap kehidupan manusia.

RAGAM

Senin, 30 Agus 2021 13:54 WIB

Author

Paul M Nuh

Webinar series Mitigasi dan Tanggap Bencana: LSPR Ajak Masyarakat Selalu Waspada

Peserta LSPR Peduli Proyek Kemanusiaan Mitigasi dan Tanggap Bencana

Jakarta – Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR bersama dengan Departemen Kemahasiswaan bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan Proyek Kemanusiaan - LSPR Peduli seri webinar dengan tema “Optimalisasi Peran Masyarakat dalam Mitigasi dan Tanggap Bencana Sebagai Wujud Nyata Bela Negara” pada tanggal 20 Agustus 2021 lalu. Kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2021.

LSPR Peduli adalah rangkaian upaya sistematis untuk menganalisis risiko-risiko dampak bencana atau krisis terhadap kehidupan manusia. Program ini perlu dilakukan secara fkous dan inklusif agar manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat.

Webinar series ini dibuka oleh Wakil Rektor III, Taufan Teguh Akbari P.hD. Taufan menyampaikan, bahwa peran mahasiswa yang turun ke lapangan adalah untuk mengedukasi masyarakat. Selain itu, unit kegiatan mahasiswa LSPR Rescue juga turun ke langsung lapangan selama pandemi Covid-19.

Abdoel Malik, Wakil Sekretaris Bidang Kemitraan dan Urusan Kemanusiaan Global, Muhammadiyah Disaster Management Center

Webinar diisi oleh pemaparan dari Abdoel Malik, Wakil Sekretaris Bidang Kemitraan dan Urusan Kemanusiaan Global, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), yang memberikan pandangan dan penjelasan materi tentang mitigasi bencana. Beliau memberikan penjelasan terkait perbedaan mitigasi dan kesiapsiagaan. Mitigasi sudah ada proses pemetaan, sementara kesiapsiagaan lebih ke sistem peringatan bencana, komunikasi, pelatihan, serta simulasi.

Dra. Endang Purwaningsih, M.Si., Kepala Subdirektorat Lingkungan Pendidikan Direktorat Bela Negara KEMHAN RI

Pembicara berikutnya Dra. Endang Purwaningsih, M.Si., selaku Kepala Subdirektorat Lingkungan Pendidikan Direktorat Bela Negara (Kasubdit Lingdik Dit. Bela Negara), Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan), Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (KEMHAN RI). Dra. Endang mengambil tema "mitigasi dan bela negara". Beliau menjelaskan bahwa salah satu ancaman terhadap keselamatan bangsa dan negara adalah ancaman bencana. Mitigasi bencana merupakan bagian dari manajemen bencana yang output nya adalah menyiapkan kesiapsiagaan yang dilihat dari aspek kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa dari berbagai ancaman. Diperlukan komitmen yang kuat antara Pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, lembaga usaha dan LSPR secara keseluruhan.

Baca juga:

LSPR Literasi Desa: Pangkas Kendala Komunikasi dengan Desa Berbasis Digital - kbr.id

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11