BERITA

Capaian Vaksinasi Ibu Hamil di Jawa Barat Masih Rendah

""kita ingin mendeklarasikan bahwa ibu-ibu hamil di Jawa Barat di 27 kabupaten dan kota untuk divaksin karena aman.""

Arie Nugraha

Capaian Vaksinasi Ibu Hamil di Jawa Barat Masih Rendah
ilustrasi vaksinasi bagi ibu hamil. (Foto: Antara)

KBR, Bandung - Dinas Kesehatan Jawa Barat menyatakan realisasi vaksinasi covid-19 untuk ibu hamil di provinsi itu baru mencapai 0,1 persen dari 20,4 persen sasaran.

Sedangkan target vaksinasi covid-19 secara keseluruhan di Provinsi Jawa Barat mencapai 37 Juta warga.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Nina Susana Dewi meminta jajarannya mempercepat vaksinasi untuk ibu hamil yang masuk dalam kelompok rentan terinfeksi covid-19 ini.

"Ibu hamil itu kan masuk dalam level atau tahap tiga, bagi masyarakat yang rentan (terinfeksi). Nah kita ingin mendeklarasikan bahwa ibu-ibu hamil di Jawa Barat di 27 kabupaten dan kota untuk divaksin karena aman. Tapi menunggu kehamilan 13 hingga 34 minggu. Jadi sehat untuk ibunya, sehat bagi anaknya," ujar Nina saat dihubungi di Bandung, Jumat (20/8/2021).

Nina juga meminta ibu hamil yang belum menerima vaksin, tidak mengkhawatirkan efek samping dari vaksin covid-19. Menurutnya, vaksinasi malah meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dari paparan infeksi virus korona.

"Disuntiknya juga tidak sakit, vaksinnya yang sudah banyak dipakai. Insyaallah jika terkena covid-19 hanya ringan dan mengurangi beratnya penyakit," kata Nina.

Ia menambahkan, vaksinasi bagi ibu hamil ini dapat dilakukan di praktik bidan dan rumah sakit.  "Syaratnya hanya membawa identitas kependudukan," jelas Nina.

Syarat lainnya, kata Nina, kondisi tubuh ibu hamil itu sehat.

"Kecuali kalau ada komorbid itu harus sesuai arahan dokter. Kalau sudah terkontrol dan memperoleh izin dari dokter. Tidak ada yang khsusus, sama saja dengan yang lain," pungkasnya.

Sebelumnya, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Daerah Jawa Barat menyebutkan jumlah vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil masih jauh dari target.

Menurut Ketua POGI Jawa Barat Sonny Sasotya, target nasional pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk ibu hamil yaitu lebih dari 11 juta orang. Saat ini ibu hamil yang telah divaksin baru mencapai 11.275 orang. POGI Jawa Barat pun bekerja sama dengan RS Hasan Sadikin Bandung, mempercepat target vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil.

"Selanjutnya akan dilakukan secara berkesinambungan di seluruh provinsi di Indonesia. Khususnya di Provinsi Jawa Barat ditargetkan pada akhir Oktober 2021, seluruh ibu hamil telah terlindungi oleh vaksinasi covid-19.

Tujuannya adalah karena ibu hamil kelompok yang rentan tertular oleh virus korona semasa pandemi ini," ungkap Sonny di Bandung, kemarin.

Sonny mengungkapkan, angka kematian ibu hamil akibat covid-19 ini sebesar 35 persen. Angka serupa di Jawa Barat mencapai lebih dari 31 persen. Ia melanjutkan, di usia kehamilan 13 hingga 34 minggu, vaksin covid-19 dapat melindungi ibu hamil dari virus korona.

Berdasarkan data POGI, ibu hamil yang terjangkit covid-19 sebagian besar tidak menunjukan gejala.

"Karena memang dari data, sekitar 50,9 persen itu ibu tanpa gejala. Dan 72 persen itu infeksinya pada usia kehamilan tujuh bulan. Diharapkan dengan vaksinasi dapat terlindungi selama masa kehamilan dan tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Sonny.

Ditambahkannya, pemberian vaksin COVID-19 terhadap ibu hamil tidak berdampak terhadap janin di kandungan.


Editor: Kurniati Syahdan

  • Vaksinasi Covid-19
  • vaksinasi ibu hamil
  • vaksin covid-19
  • Jawa Barat
  • Dinkes Jawa Barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!