Bagikan:

Kerjasama KBR dengan KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Waktu Indonesia Sehat: Sehat Jiwa dari Diri dan Keluarga

Setiap individu memiliki potensi untuk mengalami gangguan kesehatan jiwa, karena setiap manusia memiliki fikiran, perasaan dan perilaku.

RAGAM

Sabtu, 30 Jul 2022 06:17 WIB

Author

Paul M Nuh

Waktu Indonesia Sehat: Sehat Jiwa dari Diri dan Keluarga

Waktu Indonesia Sehat: Sehat Jiwa dari Diri dan Keluarga

KBR, Jakarta - Hingga saat ini masalah kesehatan jiwa menghinggapi banyak individu, baik di tingkat global maupun nasional. Terlebih adanya pandemi Covid-19 yang tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga memperburuk masalah kesehatan jiwa dari jutaan orang.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi. Untuk itu program dan pelayanan kesehatan jiwa perlu mendapat fokus perhatian, serta berbagai sarana dan prasarana terkait kesehatan jiwa harus memadai. Selain itu penyebarluasan informasi yang tepat dan benar seputar kesehatan jiwa sangat dibutuhkan demi meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat.

Kesehatan Jiwa menurut drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid, Direktur Kesehatan Jiwa, Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, ada acuan yang kuat yaitu Undang-undang No 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa. Definisi kesehatan jiwa menurut undang-undang tersebut adalah kondisi seseorang atau individu yang dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, sehingga individu tersebut menyadari kemampuan diri sendiri dan dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

Jadi orang yang sehat jiwanya itu mampu menyadari diri sendiri, mampu mengatasi tekanan hidup, kerja produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Dalam undang-undang disebutkan bahwa kondisi orang yang sudah mengalami gangguan jiwa disebut dengan Orang dengan Masalah Kesehatan Jiwa. Setiap individu memiliki potensi untuk mengalami gangguan kesehatan jiwa, karena setiap manusia memiliki fikiran, perasaan dan perilaku.

Lebih jauh perbincangan dengan drg. Vensya bisa Anda simak di KBR Prime, Spotify dan youtube Berita KBR.

Simak juga: Pengidap Gangguan Mental Meningkat, Mayoritas Tidak Berobat - kbr.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 7

Antisipasi Bencana Alam di Akhir Tahun

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending