RAGAM

NAWA 2022, Dukungan BCA bagi Pengembangan Seni dan Budaya di Indonesia

"NAWA merupakan apresiasi akademin untuk tesis magister atau disertasi doktor terbaik yang berkaitan dengan tradisi, kebudayaan, keagamaan, dan kerajaan lokal di Indonesia."

Paul M Nuh

NAWA  2022, Dukungan BCA bagi Pengembangan Seni dan Budaya di Indonesia
NAWA 2022 - Direktur BCA Antonius Widodo beserta para pejabat BCA berfoto bersama para pemenang

KBR, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menjalin kerjasama dengan Nusantara Institute gelar Nusantara Academic Writing Awards 2022 (NAWA). Event ini diselenggarakan sebagai wujud dan dukungan BCA dalam pelestarian busaya di Indonesia.

NAWA yang sudah terselenggara sejak 2019 merupakan apresiasi akademin untuk tesis magister atau disertasi doktor terbaik yang berkaitan dengan tradisi, kebudayaan, keagamaan, dan kerajaan lokal di Indonesia. NAWA merupakan salah satu inisiatif yang dimiliki oleh BCA melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu Bakti BCA dan Nusantara Institute.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Kebudayaan, Pendidikan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid yang turut memberikan sambutannya melalui rekaman video. Acara juga menampilkan dialog budaya yang menghadirkan budayawan dan sutradara film. Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Direktur BCA Antonius Widodo, Pendiri dan Direktur Nusantara Institute Prof Sumanto Al Qurtuby MSi, MA, PhD, Ida Widyastuti, Co Founder & Ketua Nusantara Kita Foundation turut hadir dalam gelaran ini.

red
Dialog Budaya “Melestarikan dan Memajukan Kesenian Nusantara”.

Menurut Antonius Widodo, BCA secara konsisten mendukung kegiatan NAWA yang menjadi salah satu cara dalam melestarikan warisan budaya bangsa. Hal senada diungkapkan Sumanto Al Qurtuby yang menyatakan bahwa NAWA diharapkan dapat menumbuhkembangkan semangat cinta budaya nusantara di kalangan akademik.

Tahun 2022 NAWA diikuti 142 pelamar mahasiswa S2 dan S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan mancanegara, 19 di antaranya lolos untuk melakukan wawancara. Proses penjurian dilakukan dalam rentang Maret hingga Mei 2022 dengan melibatkan 18 tim panelis.

Baca juga: Pesta Kesenian Bali, Tito: Momentum Bangkitnya Ekonomi dan Pariwisata

  • adv
  • NAWA
  • budaya
  • Indonesia
  • nusantara
  • akademik
  • akademisi
  • magister
  • doktor
  • tesis

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Nurlita2 years ago

    Teruskan dan tingkatkan semua upaya untuk persatuan dan kemakmuran NKRI tercinta .Aamiin