Bagikan:

Mual atau Ingin Muntah Setelah Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Pernahkah anda merasa mual atau ingin muntah setelah anda makan? Mual atau muntah bukan merupakan sebuah penyakit, tapi hal tersebut adalah gejala dari banyak kondisi kesehatan.

RAGAM

Jumat, 29 Jul 2022 10:38 WIB

MUal dan Muntah usai makan

Ilustrasi (Antara/Pixabay)

Pernahkah anda merasa mual atau ingin muntah setelah anda makan? Mual atau muntah bukan merupakan sebuah penyakit, tapi hal tersebut adalah gejala dari banyak kondisi kesehatan.

Mual merupakan suatu sensasi yang disebabkan oleh rasa tidak nyaman di perut dan disertai dengan keinginan untuk muntah

Muntah adalah kondisi ketika isi lambung keluar secara paksa melalui mulut. Kondisi ini biasanya diawali dengan mual.

Jika anda merasakan mual dan ingin muntah setelah makan itu bukanlah kondisi kesehatan yang berbahaya tapi bisa menandakan penyakit lainya.

Beberapa penyebab mual dan muntah setelah makan adalah sebagai berikut :

1. Makan Terlalu Banyak

Mengkonsumsi makanan yang berlebih dari biasanya yang anda makan dapat membuat perut anda begah. Makan secara berlebihan dapat menyebabkan anda mual atau muntah karena perut setiap orang memiliki batasannya.

Hindari hal berikut jika anda tidak ingin mual atau muntah terjadi, makanya secukupnya dengan porsi yang wajar. Dan atur jam makan anda agar tidak terlalu berdekatan.

2. Refluks Asam

Apakah refluks asam? Refluks asam adalah asam lambung yang naik ke tinggorokan. Rasa perih atau pedas di bagian tenggorokan atau dada biasanya terasa saat hal ini terjadi.

Jika anda mengalami refluks asam yang menyebabkan anda mual atau muntah setelah makan itu adalah hal yang biasa dan bukan merupakan tanda ada masalah secara klinis

3. Keracunan Makanan

Tubuh kita memiliki respon kepada makanan busuk atau mengandung racun. Misalnya saja buah busuk atau nasi yang sudah basi.

Jika anda memaksakan mengkonsumsi makanan yang demikian tubuh anda akan bereaksi dengan mual dan muntah.

Baca juga:

4. Alergi Makanan

Kondisi alergi terhadap makanan biasanya muncul dengan adanya ruam pada kulit anda bercak merah dan juga gatal, bahkan disertai dengan demam dan juga mata bengkak tidak jarang juga disertai rasa mual dan ingin muntah.

Untuk menghindari hal ini anda perlu mengetahui makanan apa saja yang menjadi alergi bagi tubuh anda. Anda dapat mengeceknya ke dokter spesialis kulit.

5 Stres atau Cemas

Kondisi cemas dan stress berlebihan dapat menimbulkan rasa mual dan muntah setelah makan, mengapa demikian?

Ketika stres atau cemas Anda bisa mengalami mual dan muntah, karena otak membuang banyak hormon ke dalam aliran darah yang mendesak tubuh bereaksi. Kondisi ini dapat berlangsung lama selama anda masih merasa stres dan cemas

Hindari stres dan cemas agar anda terhindar dari hal hal demikian.

6. Konsumsi Obat-obatan

Obat-obatan yang anda konsumsi bisa menyebabkan anda merasa mual dan ingin muntah. Di antaranya obat seperti antibiotik dan obat penahan nyeri memiliki efek samping seperti menimbulkan mual. Rasa mual yang ditimbulkan oleh obat-obatan ini biasanya akan hilang setelah anda selesai mengkonsumsi obat tersebut.

Berikut adalah hal hal yang mungkin menyebapkan anda merasa mual atau ingin muntah. Ingat dan identifikasi apa saja yang membuat Anda merasakan hal tersebut sehingga Anda tahu bahwa hal-hal tersebut bisa jadi penyebab anda merasakan hal tersebut.

Sumber :

What to Know About Nausea After Eating

What Causes Nausea After Eating?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending