Bagikan:

Cara Olahraga Yang Baik Dan Benar

Olaharaga memberikan segudang manfaat yang baik bagi tubuh manusia. . Namun apakah kalian sudah tahu bagaimana cara olahraga yang baik dan benar? Berikut ini adalah tips dan triknya

KESEHATAN | RAGAM

Jumat, 29 Jul 2022 10:07 WIB

olahraga

Olahraga, atlet lompat jauh Kamboja Vet Chantha saat ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Senin (1/8/22). (Antara/Mohammad Ayudha)

Banyak orang bertanya, bagaimanakah cara olahraga yang baik dan benar? Tapi sebelumnya mengapa sih kita hari berolahraga? Apa sebenarnya manfaat olahraga tersebut?

Olaharaga memberikan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Dengan berolahraga tubuh kita menjadi lebih segar dan bugar. Olahraga membuat kita memiliki predaran darah yang lancar dan juga daya tahan tubuh yang baik. Banyak dari kita yang telah menjadikan olahraga sebagai rutinitas gaya hidup

Namun bukan hanya itu, olahraga yang baik dan benar juga dapat membantu memperbaiki suasana hati. Semua manfaat ini bisa dirasakan hanya jika Anda berolahraga yang baik dan benar.

Cara Olahraga yang Baik dan Benar

Persiapan Asupan Sebelum Olahraga

Saat berolahraga tubuh membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan aktifitas, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk menunjang olahraga anda.

1. Makan makanan yang tinggi karbohidrat, seperti nasi, kentang, jagung, dan umbi-umbian. Dianjurkan konsumsi makanan ini maksimal 2 jam sebelum melakukan olahraga.

2. Makan makanan ringan, makanan yang dimaksud adalah makanan yang mengandung tinggi protein dan juga vitamin seperti kacang-kacangan, gandum, atau oats.

Baca juga:

3. Makan buah-buahan, selain membutuhkan tenaga tubuh juga membutuhkan serat dan vitamin. Anda dapat mengkonsumsi buah seperti pisang, apel, jus jambu atau jus sirsak.

4. Selain makanan cukupi tubuh anda juga dengan cairan. Karena olahraga akan sangat banyak mengeluarkan cairan maka anda perlu untuk memperhatikan asupan cairan dalam tubuh anda.

Persiapan Pelaksanaan Olahraga

1. Periksa kesiapan tubuh anda, sebelum anda memulai aktifitas olahraga ada baiknya anda cek dulu kondisi tubuh anda. Pastikan sebelum memulai aktifitas anda merasa fit dan siap untuk melakukanya.

2. Tentukan jenis dan tujuan olahraga. Jika anda memiliki tujuan olahraga untuk mengurangi berat badan, lari atau jalan cepat jadi pilihan yang baik. Jika anda memiliki tujuan untuk meningkatkan masa otot, olahraga angkat beban akan cocok untuk pilihan anda.

3. Melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga. Sebelum anda memulai olahraga ada baiknya anda melakukan pemanasan agar otot anda tidak kaget dan menghindari terjadinya cidera.

4. Saat pelaksaan olahraga nikmatilah olahraga tersebut, nikmati setiap hal yang anda lakukan dan jangan lupa untuk membatasi diri jika sudah dirasa cukup. Jagan terlalu memaksakan diri agar nantinya tidak sakit.

5. Melakukan pendinginan, apa maksudnya ini? Setelah anda melakukan olahraga jangan lupa untuk melakukan perenggangan pada otot-otot anda dan mengatur ritme detak jantung agar kembali seperti semula sebelum mengakhiri olahraga.

Demikianlah tadi rangkaian tips dan trik cara untuk melakukan olahraga yang baik dan benar. Ingat jangan memulai olahraga dengan tidak melakukan persiapan dari asupan makanan, pengecekan tubuh dan lakukan olahraga sesuai tujuan apa yang anda ingin capai. Lakukanlah hal-hal yang telah dipersiapkan di atas agar olahraga yang anda lakukan berjalan maksimal.

Sumber :

The Complete Exercise Guide with Expert Tips

How to Start Exercising: A Beginner’s Guide to Working Out

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending