Bagikan:

6 Tips Cara Mengatur Waktu dengan Baik

Dengan mengatur waktu dengan baik, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan atau mencapai yang anda inginkan. Karena semua tersusun dengan rapi dan terencana

RAGAM

Jumat, 29 Jul 2022 09:41 WIB

Author

Katon Wening

mengatur waktu

Waktu terbuang akibat terjebak macet, suasana kemacetan di Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta, Rabu (20/7/22). (Antara/Hafidz Mubarak)

Apakah anda sedang merasa bahwa hal-hal yang anda lakukan belakangan ini tidak sejalan dengan yang anda harapkan. Anda merasa terburu buru mengerjakan sesuatu, anda kesulitan dalam menyelesaikan masalah satu dengan yang lainya. Mungkin jawabanya adalah kerena anda tidak mengatur waktu anda dengan baik.

Dengan mengatur waktu dengan baik, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan atau mencapai yang anda inginkan. Karena semua tersusun dengan rapi dan terencana.

Berikut ini adalah 8 tips cara mengatur waktu dengan baik :

1. Pertama-tama milikilah niat dan pendirian yang teguh

Ketika kita akan memulai sesuatu atau kebiasaan baru, kita perlu tekat yang kuat. Contohnya adalah ketika anda memutuskan untuk bangun jam 5 pagi, namun sebelumnya anda biasa bangun jam 7 pagi. Itu memerlukan niat dan pendirian yang teguh.

2. Buat Jadwal harian yang anda kerjakan

Misalnya jam 5 bangun pagi, mungkin anda akan berdoa dahulu sesuai kepecercayaan anda. Karena itu akan membuat Anda memiliki ketenangan misalnya, kemudian mandi sarapan sampai jam 6. Pukul 7 anda berangkat kantor lalu jam produktif 8 pagi – 5 sore anda akan bekerja atau belajar misalnya. Setelah pulang anda bisa mengatur jadwal Anda untuk olahraga atau istirahat sejenak sejam.

3. Buat catatan to do list

Setelah  membuat jadwal harian, selanjutnya anda perlu membuat to do list. Apa yang perlu dikerjakan hari ini sebaiknya anda catat agar  tidak terlewat dan dapat mengatur waktu dengan baik.

Baca juga:

Persiapan Maksimal untuk Mudik  Aman dan Sehat!

Saat Wabah PMK, Ini Tips Mengolah Daging Hewan Kurban

4. Berani mengatakan tidak untuk hal yang tidak terlalu penting

Akan terasa  sangat tidak mengenakan jika menolak ajakan teman kita untuk sekadar nongkrong atau ngopi di café. Namun bila dirasa hal itu tidak produktif anda bisa melakukannya jika waktunya sudah tepat.

5. Selesaikan lebih awal dan jangan menunda

Menyelesaikan sebuah pekerjaan lebih awal akan lebih baik dari pada anda menunda pekerjaan tersebut. Mengapa? Karena anda akan mempunyai waktu untuk mengoreksi pekerjaan anda sudah benar atau belum. Sehingga jika membutuhkan waktu ekstra untuk memperbaiki, anda dapat mengatur waktu anda dengan baik.

6. Tetap fokus

Jangan biarkan pikiran anda tergoda dengan apa yang biasa anda lakukan, namun membuat jadwal anda jadi berantakan. Misalnya anda biasa begadang di malam hari karena menurut anda lebih seru jika menonton film di malam hari. Mungkin hal ini bisa anda lakukan di weekend, tapi di hari biasa alangkah baiknya anda tetap tidur teratur sesuai jadwal.

7. Jaga pola tidur

Tetaplah konsisten pada apa yang anda telah tetapkan sebelumnya. Jika anda telah mengatur waktu anda jam 11 malam adalah jam termalam sebelum anda tidur. Tetaplah lakukan itu untuk menjaga badan anda tetap bugar dan memiliki energi yang cukup, sehingga anda bisa tetap fokus dengan apa yang anda kerjakan.

Sumber :

EFFECTIVE TIME MANAGEMENT SKILLS

Time Management Skills: Examples and How To Improve Them

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Catatan untuk TNI

Most Popular / Trending