ADVERTORIAL

Libatkan Bidan, BKKBN Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19 melalui Keluarga

Pendekatan ini diharapkan dapat memutus penyebaran Covid-19 klaster keluarga. Selain itu, dengan basis keluarga diharapkan administrasi vaksin di tingkat kelurahan tercatat dengan baik.

RAGAM

Jumat, 30 Jul 2021 13:26 WIB

Libatkan Bidan, BKKBN Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19 melalui Keluarga

Ilustrasi. Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum di halaman parkir Gedung DPRD Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/7/2021). ANTARA/Arif Firmansyah

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) segera akan melakukan percepatan capaian nasional vaksinasi Covid-19 melalui pendekatan keluarga. “Kita libatkan juga Ibu-Ibu Bidan yang memang sudah bermitra sangat erat dengan BKKBN dan sudah mempunyai pengalaman di Fasilitas kesehatan lainnya untuk menjadi vaksinator vaksin Covid19 berbasis keluarga,” ujar Dr. (H.C). dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K), Kepala BKKBN dalam pembukaan Workshop Vaksinator Covid-19 Bagi Bidan Praktek Mandiri, Kamis (29/7).

Pendekatan ini diharapkan dapat  memutus penyebaran Covid-19 klaster keluarga. Selain itu, dengan basis keluarga diharapkan administrasi vaksin di tingkat kelurahan tercatat dengan baik.

Pengalokasian vaksin oleh BKKBN akan diberikan wewenangnya melalui Kementerian Kesehatan. BKKBN dan Kementerian Kesehatan melalui Badan PPSDM Kesehatan, Puslat SDM Kesehatan serta UPT Balai Pelatihan berupaya meningkatkan kompetensi bidan terkait dalam hal vaksinator serta sertifikasi bagi para Bidan Praktik Mandiri untuk dapat melakukan vaksinasi.

Saat ini Kemenkes tengah memberikan pelatihan bagi 50 ribu Bidan Praktek Mandiri Mengikuti Workshop Vaksinator Covid-19. Selain itu, Kemenkes juga telah melatih sekitar 87.150 vaksinator Covid-19 di tingkat puskesmas, rumah sakit dan klinik fasyankes.

Sementara untuk pelibatan bidan, dengan jumlah besar yang tersebar di desa-desa dan kedekatannya dengan masyarakat, dianggap menjadi potensi besar untuk turut serta dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan melakukan vaksinasi keluarga.

Workshop Vaksinator Covid-19 Bagi Bidan Praktek Mandiri ini dilakukan secara virtual dari tanggal 27 Juli sampai dengan 4 Agustus 2021 dengan peserta 50.000 Bidan Praktek Mandiri yang dilaksanakan bersama 15 institusi secara simultan. Dengan harapan 50.000 Bidan Praktek Mandiri peserta workshop ini dapat segera berperan aktif menjadi vaksinator handal.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Digelar?

Kabar Baru Jam 8

Wisata Sehat di Tengah Pandemi

Desa Wisata Tak Kehilangan Pesona