covid-19

Kerjasama KBR dengan KETIMBANG NGEMIS JAKARTA

Enam Tahun KNJ Mengemban Amanah #SayNoToNgemis

Baik solia dan saudara difabel sama-sama akan melewati proses verifikasi terlebih dahulu agar titipan donasi sampai ke yang memang benar membutuhkannya.

RAGAM

Sabtu, 24 Jul 2021 18:15 WIB

Author

Paul M Nuh

Enam Tahun KNJ Mengemban Amanah #SayNoToNgemis

Di sela hiruk pikuk kota Jakarta, mungkin mata kita abai melihat sosok lanjut usia yang masih berjualan. Tubuh mereka telah renta dengan bahan dagangan yang sudah tertinggal oleh zaman. Bagi kebanyakan orang, kaum marginal ini terlewatkan lantaran kesibukan masing-masing. Tetapi bagi komunitas Ketimbang Ngemis Jakarta, mereka adalah sosok mulia/solia, sumber inspirasi dalam menggaungkan #SayNoToNgemis.

Lahir pada 18 Juni 2015, KNJ adalah salah satu wilayah dalam naungan besar Ketimbang Ngemis yang kini sudah berada di 47 kota dan kabupaten di Indonesia. Misi komunitas ini sederhana, yakni menyebarkan semangat berusaha melalui kisah hidup solia dan saudara difabel. Walau dalam keterbatasan, mereka tetap menolak untuk mengemis.

Keajaiban Media Sosial

Media sosial terbukti menjadi media kampanye yang tepat. Bahkan KNJ menjadikan unggahan perdana di akun Instagramnya: Ketimbang.Ngemis.Jakarta sebagai tanggal ulang tahun.

Pada awalnya, hanya laporan warganet tentang keberadaan solia di sekitar mereka yang diunggah. KNJ meyakini kampanye ini akan efektif mengingatkan warganet, terutama milenial, untuk peduli ke lingkungan sekitar. Dari sinilah lahir tagar #MemberidenganMembeli, suatu gerakan untuk menghargai solia dan teman difabel dengan membeli barang dagangan atau memakai jasa mereka.

Seiring berjalannya waktu, banyak donasi terkumpul yang disalurkan ke mereka yang memenuhi kriteria. Sebagai contoh, solia target harus berumur minimal 50 tahun dan atau memiliki tanggungan keluarga. Tentu saja, akan ada proses pengecekan kondisi tempat tinggal, apakah milik sendiri atau mengontrak. Sedangkan tidak ada patokan kriteria umur untuk saudara difabel. Baik solia dan saudara difabel sama-sama akan melewati proses verifikasi terlebih dahulu agar titipan donasi sampai ke yang memang benar membutuhkannya.

Yang rutin adalah bantuan berupa uang tunai, sembako dan alat sholat. Jumlah penerima bantuan per bulan bervariasi, mulai dari 10 hingga 40 solia, dalam kondisi sebelum pandemi COVID-19.

Selain itu, bantuan juga dibagikan melalui project spesial, seperti Idul Adha dan Umrah Untuk Solia. Project jangka panjang turut meluncur di mana dalam project ini KNJ menyerahkan bantuan berupa uang kontrakan hingga barang sembako ke beberapa solia tertentu.

Ulang Tahun ke-6

KNJ A-Six: Growing as One menjadi tema ulang tahun KNJ yang ke-6. Tidak terasa sekitar 600 solia dan donatur yang tidak bisa terhitung telah bekerja bersama dalam “menghidupkan” semboyan #SayNoToNgemis.

Kondisi pandemi COVID-19 telah banyak mempengaruhi perjalanan komunitas ini hingga memasuki tahunnya yang ke-5 dan ke-6. Jumlah project dan target solia yang dibantu sangat dibatasi. Banyak kegiatan yang beralih ke daring. Saat menyerahkan donasi pun, protokol kesehatan yang ketat berlaku.

Semoga kisah bersama solia terus berlanjut di tahun-tahun selanjutnya. Walau tahun berganti, KNJ tetap bersemangat mengusung anti mengemis agar cerita inspiratif solia bisa menular ke generasi milenial dan seterusnya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Layanan Identitas Kependudukan bagi Kelompok Transpuan

Kabar Baru Jam 8

Seruan untuk Lindungi Nakes di Daerah Rawan

Kabar Baru Jam 10