BERITA

Iduladha, Ganjar Imbau Daging Kurban Dikemas dalam Besek

""Jadi selain untuk kampanye diet plastik ada juga nilai plusnya membantu perekonomian pengrajin,""

Anindya Putri

Iduladha, Ganjar Imbau Daging Kurban Dikemas dalam Besek
Tangkapan layar video Gubernur Ganjar Pranowo mempromosikan gemblong dengan wadah besek. (Medsos Ganjar)

KBR, Jakarta-  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengimbau kepada seluruh panitia qurban Idul Adha menggunakan besek sebagai wadah daging qurban. Ia mengatakan, imbauan itu untuk mengurangi volume sampah plastik yang dinilai cukup tinggi selama pandemi covid-19.

"Makanya sebenernya hari ini saya minta mereka dan saya sarankan untuk di memotong hewan qurban RPH. Saya juga menyarankan, pandemi ini banyak sampah plastik dan besek menjadi solusi serta menghidupkan kembali di masyarakat, " Ungkap Ganjar kepada KBR   Rabu (29/07/20).


Menurutnya, pemakaian besek selain raman lingkungan juga akan menjadi kampanye diet plastik. Selain itu juga mengangkat kembali perekonomian pengrajin besek saat pandemi covid-19.


"Jadi selain untuk kampanye diet plastik ada juga nilai plusnya membantu perekonomian pengrajin," jelasnya.


Ganjar juga menyarankan pemotongan hewan qurban  dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), serta pembagian daging qurban dilakukan oleh relawan untuk diberikan dari rumah ke rumah agar tidak terjadi penularan covid-19.


"Kita minta RPH dan panitia kurban untuk melakukan koordinasi dalam pembagiannya," tandasnya. 

Baca: Cegah Penularan Covid, MUI Imbau Tak Mudik Iduladha  


Editor: Rony Sitanggang

  • MUI
  • COVID-19
  • iduladha
  • ganjar pranowo
  • plastik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!