RAGAM

Event Pameran Terbesar di kawasan Asia Tenggara, Jakarta Fair 2023 Siap Digelar

"Jakarta Fair Kemayoran dapat menjadi pemantik semangat positif pelaku usaha untuk bangkitkan kembali perekonomian nasional."

Paul M Nuh

Event Pameran Terbesar di kawasan Asia Tenggara, Jakarta Fair 2023 Siap Digelar
Suasana Konferensi Pers Jakarta Fair Kemayoran 2023, Rabu, 7 Juni 2023.

KBR, Jakarta - Jakarta International Expo (JIEXPO) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan event akbar Jakarta Fair Kemayoran 2023. Event hiburan dan pameran tersbesar se Asia Tenggara ini akan dilaksanakan selama 33 hari, mulai 14 Juni hingga 16 Juli 2023.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair tahun ini akan digelar dengan nuansa dan konten acara yang berbeda dan lebih menarik.

Jakarta Fair Kemayoran secara khusus diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta, yang tahun ini menginjak usia k4-496. Jakarta Fair digelar untuk ke-54 kalinya sejak pertama kali digelar tahun 1968. Sempat berhenti selama 2 tahun karena Covid-19, ajang ini kembali terselenggara sebagai ajang bagi para pelaku usaha seiring bangkitnya perekonomian nasional.

Tahun ini Jakarta Fair Kemayoran mengambil tema Bersatulah Indonesia Mendukung Perdagangan Dalam Negeri dan Ekspor ke Pasar Dunia”. Dengan Sub Tema “Warga Bangsa Indonesia meningkatkan kreatifitas produk-produk Indonesia dan berjuang terus sampai sukses - Indonesia Jaya, Rakyatnya Sejahtera”.

Jakarta Fair Kemayoran menjadi tolok ukur perkembangan industri MICE di Indonesia. Oleh karena ini, Jakarta Fair Kemayoran dapat menjadi pemantik semangat positif pelaku usaha untuk bangkitkan kembali perekonomian nasional.


Pameran Multiproduk

Jakarta Fair Kemayoran merupakan ajang pameran multiproduk terbesar dengan area pameran yang sangat strategis dan mudah diakses karena letaknya yang berada di pusat kota Jakarta dan memiliki akses langsung dari tol dalam kota. Event ini diharapkan akan menjadi tujuan utama wisata dan belanja keluarga dan juga destinasi libur anak sekolah.

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon khas Jakarta Fair. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dari berbagai penjuru tanah air. Dengan komposisi presentase peserta yakni 60% dari sektor swasta dan 40% dari sektor UMKM.

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan para pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari berbagai Provinsi di Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 dan juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2023 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, komputer, alat olah raga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal & medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menempati satu area yang berlokasi di HallC1, memamerkan berbagai program pemerintah provisi, membuka berbagai layanan publik, dan juga panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta. Panitia Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi.

Beberapa titik area kuliner dapat ditemui di Food Court Hall E, area Pasar Malam terletak di dekat pintu masuk 1 yang mengusung konsep pasar malam modern.Terdapat juga area yang menjajakan berbagai macam kuliner khas nusantara yang berlokasi di Area Belakang Hall D.


Sajian Acara Hiburan

Semarak Jakarta Fair Kemayoran akan semakin terasa dengan melimpahnya hiburan yang disajikan. Pihak panitia penyelenggera akan menyajikan berbagai acara menarik seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta tidak ketinggalan pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas penyelenggaraan event ini.

Sajian yang banyak ditunggu pengunjung tentu saja konser musik Jakarta Fair. Pada tahun ini konser musik Jakarta Fair akan digelar rutin selama 32 hari kecuali pada saat malam takbiran Idul Adha (28 Juni). Salah satu keunikan konser musik Jakarta Fair yakni menampilkan sajian musik lintas genre, mulai dari Rock, Pop, Jazz, Balad, Dangdut, Koplo, Reggae, Alternative, hingga musik punk.

Sejumlah band dan musisi top papan atas Indonesia dijadwalkan akan tampil di Konser Musik Jakarta Fair 2023 di antaranya adalah Slank, Padi Reborn, D’Masiv, Fortwnty, Tipe-X, Armada, Kangen Band, Fiersa Besari, Maliq n D’Essentials, Tonny Q, Rizky Febian, Raisa, The Sigit dan masih banyak musisi top lainnya yang akan tampil di panggung konser musik Jakarta Fair 2023.


Fasilitas Sarana dan Prasarana

Sejumlah peningkatan berupa sarana dan prasarana juga dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk terus meningkatkan kenyamanan bagi seluruh pengunjung. Panitia menjamin kebersihan arena pameran yang berstandar internasional, menyiapkan ratusan toilet dan urinoir yang tersebar di setiap sudut area pameran.

Pihak panitia penyelenggara juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk berusaha meningkatkan keamanan dan kelancaran arus menuju ke area Jakarta Fair Kemayoran. Di samping itu, pihak panitia penyelenggara juga menyiapkan sarana parkir yang mampu menampung puluhan ribu kendaraan roda dua dan juga ribuan kendaraan roda empat.

Namun jika arus lalu-lintas sedang padat, para pengunjung tak perlu repot membawa kendaraan sendiri ke lokasi karena pihak panitia telah menyiapkan berbagai alternatif transportasi yang sangat mudah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan dukungannya dengan dibukanya empat rute khusus Trans Jakarta menuju area Jakarta Fair Kemayoran, di antaranya adalah:

  • Rute PRJ 1: PGC1 menuju Halte Pintu 2 JIEXPO Kemayoran
  • Rute PRJ 2: Matraman Baru menuju JIEXPO Kemayoran
  • Rute PRJ 3: Pulo Gadung 1- JIEXPO Kemayoran
  • Rute 2 C: Balaikota – JIEXPO Kemayoran

Jam Operasional Trans Jakarta yang menuju ke JIEXPO:

  • Senin – Jum’at: 15.00 s.d 23.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: 24.00 s.d 24.00 WIB

Berikut adalah informasi jam buka pameran event Jakarta Fair Kemayoran 2023:

  • Senin s/d Kamis: 15.30-22.00 WIB
  • Jum’at: 15.30-23.00 WIB
  • Sabtu dan Minggu: 10.00-22.00 WIB
  • Malam Takbiran (28 Juni 2023): 15.30-20.00 WIB
  • Idul Adha (29 Juni 2023): 14.00-23.00 WIB

Baca juga: VW Dakodok Hot Wheels Legends Tour Dunia Ngeceng di IIMS 2023 - kbr.id

  • advertorial
  • pameran
  • Jakarta Fair
  • JIEXPO

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!