Bagikan:

Kerjasama KBR dengan ZERO WASTE INDONESIA

Zero Waste Indonesia Sukses Gelar Pop-Up Event #TukarBaju : #BarterForBetter

Zero Waste Indonesia mengkampanyekan bahwa sistem barter atau bertukar sesungguhnya adalah sederhana untuk dilakukan. Bergaya busana baru tidak harus membeli pakaian baru.

RAGAM

Selasa, 28 Jun 2022 18:17 WIB

Author

Paul M Nuh

Zero Waste Indonesia Sukses Gelar Pop-Up Event #TukarBaju : #BarterForBetter

Pengunjung #TukarBaju tampak antusias memilih baju-baju yang menjadi incarannya.

KBR, Jakarta - Komunitas Zero Waste Indonesia sukses menggelar pop-up event #TukarBaju bertajuk “#BarterForBetter” pada 25 Juni 2022 di 15th Park Kemang, Jakarta. Berkolaborasi dengan LSPR, #TukarBaju digelar untuk meningkatkan kesadaran Generasi Milenial dan Generasi Z akan pentingnya gaya hidup minim sampah. Turut meramaikan event ini Miss Indonesia 2019 Princess Megonondo, Alvin Lapian, Daniella Kharishma, Shania Aryanto, dan Gentar Vyandra.

“#TukarBaju kali ini merupakan pop-up event kedua yang kami selenggarakan di tahun 2022. Dengan kembali aktifnya kegiatan ini secara luring, semakin banyak masyarakat yang melakukan aksi nyata dalam upaya meminimalkan sampah dan artinya semakin banyak juga yang sadar bahwa jenis sampah tidak hanya plastik ataupun makanan saja tetapi ada jenis sampah lain yang lekat dengan kehidupan sehari-hari yaitu sampah fesyen dan limbah tekstil,” ungkap Maurilla Imron, pendiri Komunitas Zero Waste Indonesia.

Zero Waste Indonesia mengkampanyekan bahwa sistem barter atau bertukar sesungguhnya adalah sederhana untuk dilakukan. Bergaya busana baru tidak harus membeli pakaian baru. Tetap tampil dengan gaya baru namun terjangkau, bahkan ramah lingkungan. Baju yang ditukar dalam kondisi bersih, layak pakai, tidak bernoda, tidak lusuh, dan tidak ketinggalan jaman.

Naurah Nazhifah selaku Campaign Activation #TukarBaju Zero Waste Indonesia menjelaskan, kegiatan tukar baju kali ini diikuti setidaknya 300 pengunjung dengan lebih dari 1.110 baju ditukar. Hal ini berarti telah menyelamatkan 458 kg potensi sampah fesyen di TPA. Capaian ini tentu menjadi sinyal positif bahwa kampanye menimbulkan antusias yang tinggi di masyarakat dengan respon yang positif.

Sebelumnya, #TukarBaju telah mengadakan 20 kali event di lebih dari 5 kota besar di Indonesia. #TukarBaju kali ini merupakan main event dari rangkaian kampanye #BarterForBetter. Selanjutnya, masih akan ada post-event yaitu penyaluran donasi pakaian kepada teman-teman di Panti Asuhan Putra Nusa Bagian Putri di Jakarta Pusat sebagai bentuk kepedulian untuk berbagi kepada sesama. Pakaian yang disalurkan nanti merupakan pakaian layak pakai hasil pengumpulan dari drop box dan main event.

“Dengan slogan “Re-Wearing is Caring”, #BarterForBetter berharap agar Generasi Z dan Generasi Milenial paham bahwa dengan menggunakan kembali pakaian yang dimiliki tanpa harus membeli produk fesyen baru dapat membantu Indonesia meminimalisir penumpukan sampah fesyen

yang justru dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Kami juga ingin berterima kasih kepada sponsor dan media partner sehingga kegiatan ini sukses terselenggara dan dapat disosialisasikan untuk disebarluaskan agar kampanye dapat dikembangkan untuk dunia yang lebih baik,” tutup Cut Ghaitsa sebagai Lead Campaign Activation #BarterForBetter.

Baca juga: WALHI Jabar Protes Penggunaan Incenerator untuk Musnahkan Sampah Medis COVID-19

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending