Bagikan:

ADVERTORIAL

Jurnalis KBR Raih Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2022 AJI - UNICEF

Thierry Delvigne-Jean (UNICEF): Media memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang hal-hal yang berdampak pada kehidupan mereka.

RAGAM

Rabu, 29 Jun 2022 10:15 WIB

Jurnalis KBR Raih Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2022 AJI - UNICEF

Pengumuman Peraih Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2022 secara daring. (Sumber: Youtube AJI Indonesia).

KBR, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir tiga tahun telah mengubah beragam pola hidup masyarakat, termasuk pemenuhan imunisasi pada anak. Di Indonesia, angka imunisasi dasar anak mengalami penurunan, misalnya di tahun 2021, cakupan dasar imunisasi rutin hanya mencapai 84,2 persen dari target 93,6 persen. Padahal Angka Kematian Bayi (AKB) didominasi oleh penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Imunisasi terbukti sebagai cara paling efektif dalam mencegah penyakit. Secara global, vaksin mencegah tiga juta kematina per tahun. Oleh karena pentingnya program vaksinasi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama UNICEF berkolabolasi dalam melakukan seleksi terhadap 300 karya jurnalis dari berbagai platform seperti media cetak/online, foto, radio, dan televisi yang menyajikan karya jurnalistik tentang imunisasi dan vaksin.

“​​Jurnalis adalah sekutu UNICEF dalam pekerjaan kami untuk anak-anak. Media memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang hal-hal yang berdampak pada kehidupan mereka," kata Thierry Delvigne-Jean dari UNICEF.

Banyaknya penolakan program imunisasi dan vaksinasi menjadi pertimbangan utama dipilihnya tema ini. Peran jurnalis sangat penting dalam memberikan informasi dan edukasi kepada publik tentang pentingnya imunisasi bagi keseharan anak.

Sasmito Madrim, Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen berharap, dengan penghargaan ini dapat mendorong jurnalis membuat karya-karya jurnalistik terkait anak, sehingga bisa memotivasi gerakan bersama untuk anak Indonesia yang lebih baik.

Di antara sederet nominasi yang terpilih, jurnalis KBR Valda Kustarini juga menjadi nominee dengan karya berjudul "Ada Asa di Balik Tumpukan Sampah" yang dimuat di program SAGA.

Berikut para peraih Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak selengkapnya:

  1. Kategori Cetak/ Online
    1. Pemenang utama: Adi Warsidi (acehkini.id partner kumparan.com)
    2. Special mention: Deonisia Arlinta (Harian Kompas)
  2. Kategori Foto
    1. Pemenang utama: Nur Chamim (Jawa Pos Radar Semarang)
    2. Special mention: Andrey Gromico (Tirto.id)
  3. Kategori Radio
    1. Pemenang utama: Hidup Usai Teror Season 2 - Tim KBR (Malika, Asrul Dwi, Aika Renata, Raga Prabhantara)
    2. Special mention: Ardi (RRI Merauke)
  4. Kategori Televisi
    1. Pemenang utama: Khalida Meyliza, Githa Nila Maharkesri, Veronica Hervy, Christopher Novezius, Affan Jaya Rahman, Fitri Rahmawati (Kompas TV)
    2. Special mention: Khalida Meyliza, Mercy Tirayoh, Veronica Hervy, Christopher Novezius, Ersyad Prakoso, Riki Ramahdoni (Kompas TV)

Baca juga: Penanganan COVID-19 Indonesia, Dirjen WHO Apresiasi Jokowi

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ikhtiar Sorgum untuk Substitusi Gandum

Most Popular / Trending