Bagikan:

Imunisasi Anak di Makassar Baru 25 Persen, Pemkot Genjot Lewat Bulan Imunisasi

Sasaran vaksinasi anak di Kota Makassar berjumlah 305.221 ribu anak. Capaian imunisasi saat ini sebesar 78 ribu anak atau baru sekitar 25,8 persen.

NUSANTARA

Kamis, 09 Jun 2022 22:44 WIB

Author

Nurdin Amir

Imunisasi anak

Kegiatan imunisasi anak di salah satu TK di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/6/2022). (Foto: KBR/Nurdin Amir)

KBR, Makassar – Pemerintah Kota Makassar Sulawesi Selatan terus menggejot capaian imunisasi anak.

Salah satunya melalui pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Taman Kanak Kanak (TK) Rajawali, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/6/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail mengatakan imunisasi lengkap sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan anak melalui pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Imunisasi ini diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan – 12 tahun.

Baca juga:


Pemerintah Kota Makassar menargetkan 305.221 ribu anak mengikuti imunisasi dan harapannya anak-anak memiliki kekebalan tubuh dan terhindari dari penyakit.

"Harapan besarnya semua paham dengan adanya imunisasi. Kita berharap anak-anak kita punya kekebalan tubuhnya dari penyakit-penyakit dari vaksin yang kita berikan kepada anak-anak kita. Saya kira itu kita bisa lihat capaian-capaiannya,” ujar Indira Jusuf Ismail kepada KBR di Makassar, Kamis (9/6/2022).

Indira berharap melalui Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) ini seluruh pihak aktif menyebarluaskan informasi dan menggerakan masyarakat dan orang tua agar anaknya segera diimunisasi.

Baca juga:


Edukasi imunisasi

Dalam kegiatan BIAN di TK Rajawali Makassar hadir ratusan anak TK dan SD, orang tua, guru, dari tim kedokteran dari Dinas Kesehatan Kota Makassar dan Unhas, WHO dan Unicef.

"Kita berharap bisa komunikasi antara orang tua dengan guru, memberikan pengertian kepada orang tua dan guru. Mengedukasi kepada orang tua bahwa imunisasi ini penting. Jangan percaya mitos-mitos saja, tetapi harus dijelaskan secara ilmiah supaya mereka paham. Kita tidak boleh memaksa. Tetapi dengan adanya komunikasi yang baik, tentunya saling memahami bahwa program pemerintah ini yang harus didapatkan oleh anak-anak kita,” kata Indira.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan saat ini sasaran vaksinasi anak di Kota Makassar berjumlah 305.221 ribu anak.

Capaian imunisasi saat ini sebesar 78 ribu anak atau baru sekitar 25,8 persen.

"Melaui Bulan Imunisasi Anak (BIAN) di sekolah itu sasaran kita 305.221 ribu. Untuk sampai sekarang sasarannya yang kita capai yaitu 78 ribu sekian. Jadi baru sekitar 25,8 persen. Nah inilah yang kita harus betul-betul galakkan. Semua bergerak,” kata Nursaidah.

Baca juga:


Nursaidah mengatakan program ini kita harus kejar dan bagaimana pelaksanaan ini dapat dimaksimalkan.

“Karena penyumbang data terbanyak di Sulawesi Selatan adalah kota Makassar. Jadi kita berharap Kota Makassar yang melampaui target nasional yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat,” kata Nursaidah.

Untuk mencapai target vaksinasi 305.221 anak, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan juga menggalakkan imunisasi dari pintu ke pintu (door to door) yang dilakukan di layanan kesehatan yakni di 47 puskesmas di Kota Makassar.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Inhalasi Hidrogen dan Dampak Kesehatannya

Menyoal Kekhawatiran Komersialisasi Pendidikan

Pengesahan RUU PDP dan Perkara Pembatasan Pertalite

KPK Tetapkan Hakim Agung MA Tersangka Suap

Kabar Baru Jam 20

Most Popular / Trending