BERITA

Polisi Temukan Senjata yang Dibawa Kelompok Penyerang Pospol Oksamol Papua

"Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim telah menembak mati Kepala Polisi Sub Sektor Oksamol, Pegunungan Bintang, Papua, Briptu Mario Sanoi. "

Arjuna Pademme, Wahyu Setiawan

Polisi Temukan Senjata yang Dibawa Kelompok Penyerang Pospol Oksamol Papua
Ilustrasi senjata laras panjang. Foto: beacukai.go.id

KBR, Jayapura- Polisi menemukan dua dari tiga senjata api yang dibawa sekelompok orang saat menyerang Pos Polisi Oksamol, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Senjata api itu ditemukan di salah satu rumah warga, Rabu, 2 Juni 2021.

Rumah tersebut berada di pinggiran sungai di wilayah perbatasan Republik Indonesia dan negara tetangga, Papua Nugini. Rumah itu selama ini diduga dipakai sebagai persinggahan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di sana.

Juru bicara Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal mengatakan dua pucuk senjata api jenis SS1 beserta magasin dan amunisinya, ditemukan pasukan yang sedang mengejar kelompok pelaku.

"Tim yang melakukan pencarian dan pengejaran terhadap kelompok tersebut, tim dapat melakukan penindakan terhadap satu rumah. Didapat dua senjata api, di mana sesuai dengan daftar register yang dimiliki oleh Polres Pegunungan Bintang, kedua pucuk tersebut adalah inventaris dari Sub Sektor Oksamol," kata Ahmad Mustofa Kamal, Senin (7/6/2021).

Juru bicara Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal mengatakan penemuan dua senjata api laras panjang tersebut berawal dari laporan warga, yang diterima kepolisian setempat, Selasa, 1 Juni 2021.

Sedangkan, satu senjata api jenis revolver yang hilang saat penyerangan Pospol Oksamol, diduga masih dibawa kelompok pelaku. Hingga kini kepolisian masih menelusuri keberadaan senjata api tersebut. Senjata itu inventaris Pospol Oksamol.

TPNPB Akui Serang Pos Polisi Oksamol

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim telah menembak mati Kepala Polisi Sub Sektor Oksamol, Pegunungan Bintang, Papua, Briptu Mario Sanoi. Juru bicara TPNPB Sebby Sambom mengatakan penembakan dilakukan pada Jumat pagi, 28 Mei lalu.

"Yang mana telah dilaporkan langsung oleh Panglima Komando Daerah Pertahanan 15 Ngalum Kupel Brigadier General Lamek Taplo bahwa mereka telah berhasil tembak mati Kapolsek Warasmol," kata Sebby melalui keterangan tertulis yang diterima KBR, Minggu (30/5/2021).

Sebby juga mengklaim bahwa TPNPB merampas dua senjata api laras panjang standar serta satu pistol. Saat ini, dia menyebut telah menjaga lokasi penembakan di wilayah Pegunungan Bintang.

Editor: Sindu Dharmawan

  • TPNPB
  • Papua
  • Satgas Nemangkawi
  • Pos Polisi Oksamol
  • Kabupaten Pegunungan Bintang
  • KKB
  • Polri
  • TNI
  • Senjata Api

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!