Kerjasama KBR dengan KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Kepala Badan Litbang Kemendagri Apresiasi Inovasi Pemkab Sumenep

Inovasi merupakan elemen tak terpisahkan dalam menggerakkan roda pemerintahan daerah, karena dengan itu berbagai kebijakan pemerintah dapat dijalankan dengan tepat sasaran.

RAGAM

Kamis, 24 Jun 2021 09:19 WIB

Author

Paul M Nuh

Kepala Badan Litbang Kemendagri Apresiasi Inovasi Pemkab Sumenep

Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni

Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni apresiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep setelah meraih penghargaan daerah paling inovatif dalam gelaran Innovative Government Award tahun 2020. Apresiasi ini disampaikan saat acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Sumenep yang digelar secara virtual, Selasa (22/6/2021).

Fatoni menjelaskan bahwa prestasi tentu menggembirakan, sebab Kabupaten Sumenep menunjukkan dirinya sebagai daerah dengan inovasi tinggi. Tapi, Fatoni juga mengingatkan agar Pemkab Sumenep tidak cepat puas atas capaian ini, dan selalu meningkatkan inovasinya setiap tahun.

Menurut Fatoni, inovasi merupakan elemen tak terpisahkan dalam menggerakkan roda pemerintahan daerah, karena dengan itu berbagai kebijakan pemerintah dapat dijalankan dengan tepat sasaran. Selain itu, inovasi juga bisa mempercepat layanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, setiap perangkat daerah wajib mengembangkan inovasinya dengan komitmen yang tinggi.

Sejalan dengan Litbang Kemendagri dalam menggagas aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), menurut Fatoni inovasi pemerintah daerah perlu dipublikasi agar menjadi inspirasi daerah lain dan bisa direplikasi dengan cuma-cuma. Para pejabat struktural dan fungsional perlu dibekali pemahaman metode berinovasi di lingkungan kerjanya, dengan demikian bisa membentuk pola pikir baru yang memacu para aparatur bekerja dengan cara lebih baik.

Fatoni juga meminta kepala daerah untuk bisa berkolaborasi dengan lembaga think tank. Sinergi ini bisa membantu pemerintah daerah membuat terobosan dalam pengambilan kebijakan.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11