Kerjasama KBR dengan KEMENTERIAN DALAM NEGERI

BPSDM Kemendagri Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi SDM Humas Pemerintahan

Teguh berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas humas dalam bidang jurnalistik demi menghadapi era post truth.

RAGAM

Kamis, 24 Jun 2021 14:37 WIB

Author

Paul M Nuh

BPSDM Kemendagri Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi SDM Humas Pemerintahan

Kepada BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi saat memberikan sambutan

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar workshop pengembangan kemampuan jurnalistik bagi aparatur Humas pemerintah. Kegiatan ini berlangsung di Kota Solo dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat, Rabu (23/6/2021).

Kepada BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan, peran Humas di era digital sangat penting. Di lingkungan pemerintahan Humas menjadi bagian dari agen perubahan. Dengan pelatihan ini humas didorong untuk dapat memilah informasi dengan benar yang nantinya dikonsumsi masyarakat.

Menurut Teguh, Humas membutuhkan setidaknya 2 keterampilan, yaitu kemampuan jurnalistik dan diplomasi. Keterampilan ini dibutuhkan dalam menyusun dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, salah satunya melalui press release.

“Kemampuan menulis digunakan untuk mempublikasikan, menginformasikan kebijakan serta mengklarifikasi berita-berita negatif mengenai masing-masing kepentingan instansi pemerintah,” ujar Teguh. Selanjutnya Teguh menyampaikan, jika tidak ingin punah Humas harus membekali dirinya dengan siap berpikir dan bergerak cepat mengikuti perubahan informasi yang ada.


Pasca Kebenaran

Teguh menjelaskan, saat ini masyarakat mengalami era pasca kebenaran atau post truth. Banyak beredar berita palsu yang sangat mempengaruhi kehidupan sosial. Oleh karenanya perangkat Humas harus dapat memilah berita itu dengan baik dan benar, hingga penyampaian pesan kepada masyarakat dapat dipertanggungjawabkan.

Teguh berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas humas dalam bidang jurnalistik demi menghadapi era post truth tersebut.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11